Pendaftaran Satpol PP Metro Resmi Dibuka, Ini Tahapannya

img
Kasat Pol-PP Metro, Imron Roni. Foto: Opie

Harianmomentum.com--Pemkot Metro mulai membuka tahapan pendaftaran anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tahapan pendaftaran dimulai tanggal 13-17 November 2017. 

 

"Itu tanggal 13-14 November pengumuman pembukaan pendaftaran. Pendaftarannya sendiri mulai tanggal 15-17 November, jadi 5 hari. Bagi yang mau mendaftar berkasnya dikirimkan lewat Kantor Pos dan ditujukan ke Satpol PP," kata Kasat Pol-PP Metro, Imron Roni, Senin (13/11).

 

Imron menjelaskan, berkas-berkas yang dilampirkan yakni foto copy E-KTP, Ijazah, surat keterangan sehat, dan SKCK. 

 

Selesai pendaftaran, lanjut dia, akan dilakukan seleksi berkas. Dimana, hasil seleksi berkas ini akan diumumkan tanggal 21 - 22 November. Lalu, tanggal 23 November dilanjutkan tes tertulis bagi peserta yang lolos seleksi berkas. 

 

"Untuk tes tertulis ini kita melibatkan akademisi. Jadi nanti yang buat soal dan kunci jawabannya ya dari akademisi. Terus nanti untuk pengamanan soal-soal dan kunci jawaban itu kita minta bantuan Polres Metro. Jadi kerahasiaannya itu terjaga," terangnya. 

 

Setelah itu, dilakukan tes jasmani pada 27 - 28 November 2017 dan terakhir yakni tes wawancara dilaksanakan pada 4-5 Desember 2017. "Lalu pengumuman akhir itu 8 Desember 2017," paparnya. 

 

Kemudian, peserta yang lulus tersebut akan dilakukan tes narkoba. Nantinya, bagi peserta yang positif mengonsumsi narkoba otomatis akan gugur dan digantikan peserta ranking berikutnya. 

"Jadi tes narkoba ini sengaja kita lakukan di akhir. Karena inikan mahal dan biayanya dibebankan kepada peserta. Jadi yang sudah lulus saja yang di tes narkoba. Kan kasihan kalau baru mendaftar keluar uang banyak tetapi tidak lulus," jelasnya. 

 

Terakhir, terus Imron, peserta yang lulus sampai akhir akan dilatih di Candimas Kabupaten Lampung Selatan. Dimana, pelatihan ini akan dilakukan selama 2 minggu. 

 

"Jadi kita sedang dalam proses lobi. Kalau mereka berkenan, karena ini biayanya terbatas. Pelatihan ini kurang lebih dua minggu. Jadi peserta yang lolos semua tahapan ini perkiraan akhir Desember sudah dilantik menjadi anggota Satpol PP," terusnya. 

 

Ia menambahkan, penerimaan anggota Satpol PP ini melibatkan Kodim 0411 LT, Polres Metro, dan Kejaksaan Negeri Metro.

 

"Jadi mereka ini sebagai pengawas," pungkasnya. (pie)

 


 


Leave a Comment