Kapolda Lampung 'Muakhi' Edward Syah Pernong

img
Kapolda Lampung Irjen Suntana angkat saudara dengan mantan Kapolda Lampung Pangeran Edward Syah Pernong.Foto:ist

Harianmomentum.com--Kapolda Lampung Irjend Pol Drs Suntana diangkat saudara atau 'Muakhi' oleh Edward Syah Pernong Sultan Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Brak Kepaksian Pernong Yang Dipertuan ke 23 di rumah adat Kerajaan Skala Brak Liwa, Kabupaten Lampung Barat, Jumat (9/2).

Prosesi angkon Muakhi diawali dengan pemberian pusaka kerajaan Terapang Ariya Sedayu di dalam bilik kebik (kamar tidur) Pangeran Edward Syah Pernong kepada Kapolda Lampung Irjend Pol Drs Suntana.

Setelah itu dilakukan pemakaian Hanuang Bani dan Lencana kerajaan di ruang Marghasana setelah itu barulah Kapolda keluar dari kamar tidur secara beriringan.



Kapolda Lampung mengucapkan terimaksih kepada raja Paksi Pak Skala Bekhak Pangeran Edward Syah Pernong yang selama ini mengangkatnya saudara dan akan menjaga tali persaudaraan ini dengan selalu menjaga tali silaturahmi.

Sementara itu, Pangeran Edward Syah Pernong mengatakan dengan diangkat saudara atau angkon muakhi maka Kapolda Lampung menjadi saudara kami.

"Sebagai saudara kita bersama sama dalam satu NKRI bertanggungjawab menjaga silaturahmi dengan rasa persatuan tanpa membeda bedakan kesukuan dan ikut menjaga kemanan dan ketertiban  di masyarakat," ujar mantan Kapolda Lampung itu.

Hadir pada acara angkat saudara ini yakni Bupati Lampung Barat Farosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Mat Hasnurin,  Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dan seluruh Forkopimda ikut menyaksikan acara besar tersebut.(rls)


Leave a Comment