Kardiman, Peserta Tertua Renang Selat Sunda

img
Mayor Marinir Kardiman (52) saat memberikan keterangan pers terkait keikutsertaannya dalam ajang renang Selat Sunda./Agung Chandra Widi

Harianmomentum.com--Mayor Marinir Kardiman (52) merupakan peserta tertua yang ikut dalam lomba renang menyeberangi Selat Sunda.

 

Menurut Kardiman, keikutsertaannya dalam perlombaan yang sudah 11 tahun itu untuk memotifasi para marinir yang berusia lebih muda.

 

"Saya harus memotivasi para junior saya yang umurnya bisa dikatakan masi muda-mudalah," kata Kardiman saat diwawancarai di Pelabuhan BBC Jalan Lintas Pantai Timur, Desa Maratilu, Bekauheni Lampung, Jumat (2/3).

 

Kakek dari dua orang cucu itu mengaku sudah berlatih selama tiga bulan, untuk mempersiapkan perlombaan tersebut. "Dari awal November, saya sudah berlatih. Satu harinya, dua sampai delapan jam saya berlatih renang. Kadang dilaut ataupun di kolam," terangnya.

 

Mayor Kardiman yang kini berdinas di Pangkalan Marinir Surabaya itu menerangkan, sudah bergabung dalam kesatuan marinir selama 28 tahun. "Saya dari tahun 90 jadi Marinir. Saya masuk dari Bintara. Pada awalnya saya dinas di Batalion satu Infantri Marinir di Surabaya," jelasnya.

 

Meski dengan usia yang sudah tidak muda lagi, namun dia meyakini, akan mencapai garis finis bersama rekan-rekannya yang lain. "Saya usahakan untuk sampai secepatnya, kalau bisa saya juara," ucapnya.

 

Diketahui, lomba renang dan dayung dalam menyeberangi Selat Sunda itu akan dimulai (start) dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, pada pukul 21.00 WIB, Jumat (2/3). Para peserta diperkirakan sampai di garis finis paling cepat pukul 09.00 WIB, Sabtu (3/3), tepatnya di pantai Tanjung Sekong Merak, Banten.(acw/adw)


Leave a Comment