Enam Jam Taklukkan Selat Sunda, Para Prajurit Pedayung Tiba di Merak

img
Tim dayung prajurit mulai tiba di Merak, Banten./dtc

Harianmomentum.com--Setelah para perenang penakluk Selat Sunda tiba di garis finish di pantai Tanjung Sekong, Merak. Giliran para pendayung tiba di garis finish setelah menempuh jarak sekitar 39 km.


Para pendayung sebelumnya dilepas dari titik start di dermaga pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya, Lampung, pada Sabtu (3/3/2018) pukul 03.00 dini hari. Pelepasan langsung dipimpin oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

 

Mereka sengaja dilepas dini hari agar sampai ke garis finish bersamaan dengan para perenang. Pedayung yang berjumlah 53 tim itu berduyun-duyung tiba di Merak dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

 

Seperti dilansir dtc, tim dayung yang berhasil finish pertama dari Yonif-8 Marinir, sedangkan urutan kedua diraih oleh tim dayung Yonif-3 Marinir, dan tim dayung Yonif-10 Marinir menempati urutan ketiga.

 

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Marinir Bambang Suswantono mengatakan, kegiatan lomba renang dalam penaklukkan Selat Sunda maupun Selat Madura sudah dilaksanakan sejak 1991.

 

"Event ini sudah terlaksana sejak 1991 dan tahun ini adalah tahun yang ke-9 dan terakhir kita melaksanakan even ini tahun 2007," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (3/3/2018).

 

Pihaknya berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir dalam kemampuan renang dan dayung yang sekaligus juga penugasan dalam operasi.

 

"Harapan kami antara event renang dan dayung Selat Sunda ini tidak lepas dari bagaimana meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir termasuk renang dan dayung dalam penugasan operasinya antara renang dan dayung tidak lepas pada kemampuan para prajurit," tuturnya.(rls/red) 


Leave a Comment