Dekranasda Waykanan Bantu Perajin Batu Mulia

img
Ketua Dekranasda Kabupaten Waykanan memotong Dessy Afriyanti Adipati sebagai tanda peringatan HUT ke 38 organisasi tersebut.

Harianmomentum.com--Penyerahan bantun peralatan kerajinan batu mulia mewarnai kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 38 Dewan Kerajinan Nasional tingkat Kabupaten Waykanan. Kegiatan berlangsung di gedung Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten setempat, Selasa (6/3).

 

Bantuan peralatan kerajinan batu mulia itu diserahkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Waykanan Dessy Afriyanti Adipati kepada sejumlah pelakua usaha kecil menengah. 

 

Dalam sambutanya Dessy Afriyanti Adipati meminta seluruh pengurus dan anggota Dekranasda setempat, memperkuat komitmen melestarikan usaha dan produk- produk hasil kerajinan seni budaya daerah,

 

“Peringatan HUT ini hendaknya dijadikan momentum memperkuat komitmen melestarikan dan mengembangkan usaha kerajinan dan kesenin daerah,” kata Dessy.

 

Dia menerangkan, tujuan pengembangan usaha kerajinan dan kesenian daerah yang dilakukan Dekranasda, bukan semata mengejar keuntungan secara ekonomi. Lebih dari itu sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai kearifan lokal dalam berbagai produk kesenian.

 

“Sebagai organisasi nirlaba, tujuan dibentuknya dekranasda jelas bukan semata keuntungan ekonomi. Lebih dari itu adalah upaya melestarikan kerajinan dan seni budaya daerah,” terangnya,

 

Hal senada disampaikan Bupati Waykanan Raden Adipat Surya selaku ketua tim  pembina Dekranasda setempat. Dia berharap, Dekranasda Waykanan semakin dapat menunjukan komitmen dalam upaya pelestarian seni budaya daerah.

 

Peringatan HUT tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Waykanan. Turut hadir pada kesempatan itu: Wakil Ketua TP PKK  Waykanan Thurismawaty Edward, Ketua Dharma Wanita Persatuan Vorian Melita Saipul dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yunada Atiek. (vit)

 


Leave a Comment