Monitoring Bumdes, Camat Kalianda Soroti Masalah Sampah

img
Monitoring Bumdes di Kecamatan Kalianda./Boby

Harianmomentum.com--Kecamatan Kalianda mengadakan monitoring Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Camat Kalianda Erdiyansah juga menyoroti masalah sampah.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Kalianda serta seluruh pengurus Bumdes dilaksanakan di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (08/03).

 

Camat Kalianda, Erdiyansah mengatakan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk mengecek dan memonitor sudah sejauh mana program Bumdes yang berjalan di daerah ini.

 

"Selain menyelaraskan program Bupati yaitu pembangunan fisik seperti rabat beton, ada juga Warung Desa (Wardes). Untuk unit usaha yang sudah ada juga tidak apa-apa tinggal pengembangannya saja," kata Erdi.

 

Erdi menjelaskan, untuk unit usaha Wardes tetapi belum mempunyai bangunan, semoga bisa dianggarkan untuk pembuatan bangunannya di dalam anggaran Bumdesnya.

 

"Ukuran bangunannya adalah 6x9. Sedangkan untuk tanahnya boleh beli, tetapi jika anggarannya agak sulit tidak apa-apa kalau mau menyewa," lanjutnya.

 

Erdi mengharapkan, semua Bumdes di Kecamatan Kalianda dapat menambahkan pada unit usahanya pengolahan persampahan, seperti yang sudah berjalan di beberapa desa seperti Desa Kecapi dan Desa Kadaton.

 

"Ini untuk mengatasi persampahan di Kota Kalianda yang sudah terlalu 'over', oleh karena itu diusahakan ada unit usaha tersebut. Semoga tahun ini sudah bisa dijalankan di setiap desa," ujarnya.

 

Lalu untuk unit persampahan tersebut, setiap desa bisa bekerjasama dengan desa yang lainnya, jika belum bisa membeli tanah yang akan dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena masalah biaya tinggi.


"Misalakan nanti ada satu desa yang sudah mempunyai motor roda tiga untuk menjemput sampah di rumah-rumah warga, sampahnya bisa dibuang di lokasi desa yang lainnya yang sudah bekerja sama. Nanti, sampai di lokasi sampahnya sudah dipilah mana sampah organik dan sampah non organik," pungkasnya.(bob)


Leave a Comment