Pjs Gubernur Lampung Puji Pelaksanaan Musrenbang Tanggamus

img
Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno membuka Musrenbang Kabupaten Tanggamus

Harianmomentum.com--Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanggamus Tahun 2019, Selasa (13/3/2018).

 

Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno dalam arahannya memuji pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus. Menurut Didik, musrenbang tersebut merupakan yang tercepat kedua di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. 

 

"Saya mengucapkan selamat sekaligus bangga, karena Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus merupakan kedua yang tercepat di Provinsi Lampung. Ini membuktikan komitmen seluruh jajaran pemerintah daerah dalam proses perencanaan pembangunan berdasarkan aspirasin masyarakat," kata Didik. 

 

Dia berharap, musrenbang tersebut bukan sebagai kegiatan formalitas setiap tahun. Lebih dari itu, adalah bentuk komitmen memenuhi kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan pembangunan yang sesuai kebutuhan masyarakat. 

 

"Kita harus mampu memanfaatkan momentum ini, untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan. Sehingga akan memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," harapnya. 

 

Didik juga mengingatkan kepada pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Lampung untuk memantapkan kembali cara pandang (mindset) terhadap tujuan dan sasaran pembangunan.

 

"Koordinasi, sinergi, partisipasi dan kontribusi antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan kita mencapai tujuan pembangunan yang sesungguhnya.

 

Penjabat Bupati Tanggamus  Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan,  musrenbang merupakan suatu rangkaian perencanaan program berdasarkan aspirasi masyarakat sekaligus implementasi rencana pembangunan jangka menengah daerah  (RPJMD).

 

"APBD di Tanggamus ini tidak banyak pendapatan hanya Rp1,635 triliun begitu juga dengan belanja Rp1,635 triliun. Tentu jumlah anggaran itu, belum mencukupi  membiayai seluruh kebutuhan pembangunan. Untuk mengatasi kekurangan anggaran itu diperlukan sinergi antara pemkab dengan pemprov dan pemerinta pusat," kata Zainal. 

 

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya Mega melaporkan, kegiatan musrenbang tahun ini adalah yang terpanjang selama tiga mulai 13 sampai15 Maret 2018.

 

"Musrenbang kabupaten adalah dasar penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD)  tahun 2019, yang rangkaiannya dimulai dari tingkat pekon (desa) dan kecamatan,” terangnya.

 

Turut hadir pada musrenbang tersebut Kepala Bappeda Provinsi Lampung Taufik, Kepala Biro Protokol Setdaprov Lampung Bayana, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan dan jajaran Forkopimda setempat. (rls) 

 



Leave a Comment