Pemprov Lampung Target Lengkapi Faskes Tiap Kecamtaan

img
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menargetkan dapat memenuhi kelengkapan fasilitas kesehatan (faskes) di tiap kecamatan.

 

"Target itu setidaknya akan terwujud hingga 2019 mendatang. Tahun lalu kita telah memiliki sebanyak 290 puskesmas dengan 65 unit puskesmas yang telah diakreditasi," kata Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dr Asih Hendrastuti M Kes, saat dihubungi harianmomentum, Senin (8/5).

 

Menurut dia, tahun ini direncanakan 115 puskesmas akan dimajukan untuk akreditasi, sedangkan sisanya tahun depan. 

 

"Kita upayakan dapat sesuai target 290 puskesmas itu semuanya terakreditasi," ungkap dr Asih.

 

Ia melanjutkan, penilaian atau proses akreditasi puksesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dilakukan tiap 3 tahun sekali. Pemprov Lampung menurut Asih terus melakukan upaya agar target akreditasi RSUD dan Puskesmas dapat tercapai.

 

"Upaya yang dilakukan ialah dengan memberikan bimbingan teknis pada RSUD bersangkutan, advokasi ke Pemerintah kabupaten/kota untuk melengkapi sarana prasarana dan sumber daya manusia setelah bimbingan teknis," ujarnya.

 

Selain itu, ia juga memberikan support (dukungan) mobilisasi tenaga kesehatan bila diperlukan, serta bantuan sarana dan prasarana.(Ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos