Peringati HAN, PT KAI Bagikan Souvenir Kepada Penumpang Anak

img
Deputi EVP Divre IV Asdo Artriviyanto berdialog dengan anak TK IWKA Cabang Tanjung Karang. Foto ist.

Harianmomentum-- Guna memeriahkan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, PT KAI Divre IV TanjungKarang membagikan souvenir kepada penumpang anak di seluruh stasiun besar pemberangkatan kereta api (KA).

Sejumlah souvenir seperti balon, bunga, buku, atau mainan anak dibagikan secara serentak, Senin (23/7) pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB.

"Kegiatan ini adalah sebagai wujud apresiasi kami kepada para pengguna jasa setia KA yang telah memilih kereta api sebagai moda bepergian jarak jauhnya bersama anak," ujar EVP Divre IV Suryawan Putra Hia.

Suryawan mengatakan, KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak.

Hal ini terwujud dengan diterapkannya aturan tiket Rp 0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orangtua atau tidak membeli seat. Penerapan aturan ini dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan mereka.

"Jadi meskipun tidak membeli seat alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiketnya Rp 0 dan dapat diminta di petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orangtuanya," urai Suryawan.

Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jasa, khususnya penumpang anak, kini semua KA telah terpasang penyejuk udara (AC). Sehingga anak-anak akan tetap merasa nyaman, tidak kepanasan sepanjang perjalanan.

Dilanjutkannya, PT KAI saat ini juga menyediakan fasilitas ramah anak di stasiun, seperti ruang menyusui yang bisa dipakai untuk mengganti popok dan area bermain anak.

Adanya area bermain anak di stasiun, kata Suryawan, merupakan salah satu upaya PT KAI untuk mewujudkan anak Indonesia yang GENIUS (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat), sesuai dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini yang telah ditetapkan Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Dengan adanya area ini, anak dapat beralih dari gadget selama menunggu waktu keberangkatan KA dan memilih untuk bergerak, bermain di area khusus anak sehingga terwujudlah anak Indonesia yang gesit dan sehat," ungkapnya.

Lebih lanjut Suryawan mengungkapkan, untuk lebih menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional, selain dengan pemberian souvenir kepada penumpang anak, Divre IV juga mengajak 50 anak-anak Paud dan TK IWKA Cab Tanjung Karang belajar sambil bergembira sekaligus untuk lebih mengenal kereta api.

"Kami ingin anak-anak lebih mengenal tentang perkeretaapian tapi tetap bergembira, dengan begitu mereka bisa lebih mencintai kereta api," pungkasnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos