KPU Lampura Siapkan Rekomendasi Pemenang Pilkada

img
Ketua KPU Lampura, Marthon. Foto. Ysn.

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mempersiapkan usulan rekomendasi hasil penetapan pemenang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampura pada 27 Juni 2018.

Pada Rabu, 25 Juli 2018, KPU Lampura menetapkan pasangan nomor urut tiga, Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampura periode 2019-2024.

Menurut Ketua KPU Lampura, Marthon, usulan rekomendasi itu selanjutnya diserahkan kepada DPRD Lampura untuk diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Lampung.

"Kewenangan KPU hanya menyampaikan hasil pleno ke DPRD untuk ditindaklanjuti. Kalau berdasarkan akhir masa jabatan bupati berakhir pada 25 Maret 2019. Jadi kemungkinan besar sebelum pileg dan pilpres tahun depan," terang Marthon diruang kerjanya, Kamis, 26 Juli 2018.

Terkait persiapan pileg, Marthon menjelaskan pihaknya sedang memverifikasi berkas pencalonan legislatif. Saat ini masih dalam waktu perbaikan dan kelengkapan berkas pencalonan. 

"Mulai 22 hingga 31 Juli ini masa perbaikan berkas. Kita nilai apakah memenuhi syarat (MS) atau belum memenuhi syarat (BMS) atau juga tidak memenuhi syarat (TMS)," katanya. 

Setelah itu, akan ditetapkan daftar caleg sementara (DCS) dan tanggapan penilaian masyarakat terhadaf DCS. Dalam fase ini bisa memungkinkan gugurnya DCS ketika terbukti tidak layak atau tidak memenuhi syarat. (ysn).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos