Wabup Lamsel Sebut Ngaben Masal Bisa Jadi Agenda Resmi

img
Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto menghadiri ngaben masal di Desa Balinuraga, Kecamatan Waypanji

Harianmomentum.com--Pelestarian budaya menjadi salah satu prioritas pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). 

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat menghadiri, prosesi ritual ngaben (pembakaran jenazah) masal, di Lapangan Desa Balinuraga, Kecamatan Waypanji, Rabu (01/08/2018).

Wabup mengatakan, ngaben merupakan salah satu kearifan lokan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat suku Bali. 

"Masyarakat Lampung Selatan sangat hetrogen, terdiri dari bermaca suku. Salah satunya Bali. Setiap suku punya budaya dan tradisi yang berbeda, seperti ngaben ini. Upacara ngaben ini sejalan dengan upaya pelestarian budaya yang menjadi salah satu prioritas program Pemkab Lampung Selatan," kata wabup.

Menutu wabup, tidak menutup kemungkinan acara-acara budaya seperti ngaben akan dijadikan agenda resmi Pemkab Lamsel dalam upaya promosi pariwisata.   

"Tradisi ini merupakan warisan besar budaya bangsa. Maka dari itu tidak salah jika kedepan pemerintah daerah ikut campur tangan, menjadikan kegiatan ini sebagai agenda resmi mempromosikan potensi wisata," terangnya.

Ngaben masal tersebut diikuti ribuan umat hindu dari berbagai penjuru Lamsel dan Provinsi Lampung. (bob)




Leave a Comment