Lambar-BBPOM Kerja Sama Sosialisasi Pengawasan Makanan

img
Mad Hasnurin dan Syamsuliani. Foto. Lem.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Lampung bekerja sama sosialisasi Inpres No.3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan. 

Naskah kerja sama ditandatangani Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar) Mad Hasnurin dan Kepala BBPOM Provinsi Lampung Syamsuliani di Ruang Rapat Kagungan Pemkab Lambar, Kamis, 2 Agustus 2018.

Dalam sambutanya,Mad Hasnurin menyampaikan terima kasih kepada BBPOM karena memberikan masukan bagi peningkatan program Kabupaten Lampung Barat sehat.

Sesuai Undang-undang No.36 Tahun 2009 Pasal 47, bahwa upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. 

Penyelenggaraan upaya kesehatan, antara lain, dilaksanakan melalui kegiatan pengamanan dan penggunaan sediaan farmasi dan alat kesehatan, serta pengamanan makanan dan minuman.

Obat dan makanan yang aman, bermutu, dan bergizi sangat penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan serta kecerdasan masyarakat. 

"Karena itu masyarakat perlu dilindungi dari obat dan makanan yang dapat merugiakan dan/atau membahayakan kesehatan," ujarnya.

Dinas Kesehatan Lambar telah melaksanakan pengawasan obat dan makanan secara berkala dan berkesinambungan. Melalui pengujian sampel makanan dan makanan yang diduga berbahaya. Juga dilakukan pemantauan dan pembinaan rutin ke sarana layanan kefarmasian baik apotek maupun toko obat.

Selain itu, pengawasan secara terpadu dilakukan dengan koordinasi bersama satgas pangan dan tim monitor kestabilan harga pangan dengan dinas kesehatan dan instansi terkait, baik ke pasar tradisional maupun pasar modern.

Wakil Bupati Lambar mengakui, salah satu kendalanya adalah terbatasnya sarana prasarana serta sumber daya manusia yang kompeten di bidang obat dan makanan.

"Kami menyambut baik dan berharap rencana pembangunan cabang Balai Besar POM di Lampung Barat dapat segera direalisasikan," katanya. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos