Konsumsi Masyarakat Lamtim Masih di Bawah Standar Ideal

img
Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putra, meninjau stand lomba cipta menu

Harianmomentum.com--Konsumsi masyarakat Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) masih di bawah standar ideal denan skor pola pangan harapan (PPH) 84,9.

Hal itu, menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putra, didasarkan pada analisis konsumsi pangan 2017. Dengan skor PPH 84,9, artinya konsumsi pangan masyarakat Lamtim belum beragam, bergizi, dan seimbang.

"Skor di bawah angka ideal tersebut banyak disumbang dari kelompok pangan umbi-umbian, pangan hewani, kacang-kacangan serta gula," katanya saat membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA ) di Gedung Pusiban Kompleks Pemkab Lamtim, Kamis (9/8/18).

Sedangkan kelompok pangan padi-padian, minyak dan lemak, buah/biji berminyak, sayur dan buah, kata dia, telah mencapai skor PPH standar.

Disebutkan, acuan kuantitatif untuk ketersediaan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dalam satuan rata-rata per kapita 2.150 kilo kalori (kkal), protein 57 gram, serta skor PPH standar 100. 

"Angka tersebut merupakan standar kebutuhan energi bagi setiap individu untuk menjalankan aktivitas, sedangkan skor PPH menjadi acuan keragaman ketersediaan pangannya," ujar Sekda.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Timur Putri Ernawati Zaiful Bokhari mengatakan Lomba Cipta Menu B2SA ini diharapkan menggugah kesadaran keluarga untuk meningkatkan nilai gizi dengan potensi pangan lokal sekitar kita.

Dengan menu pangan alternatif bagi keluarga, diharapkan lomba yang diikuti 24 perserta dari 24 kecamatan di Lamtim, bermanfaat bagi seluruh keluarga di Lamtim. (rif).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos