Mahasiswa UBL Juara Nasional CNE 2017

img
Tim TS FT UBL beranggotakan Siti Mulyantika, Marnia Mei Saputri, dan Bayu Okta, sebagai juara III di CNE Untar 2017 Jakarta.

Harianmomentum--Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali torehkan prestasi dengan menjadi juara tingkat nasional pada kegiatan Civil National Expo (CNE) 2017.

 

Kegiatan tersebut diadakan IMASTA bersama Jurusan Teknik Sipil Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta, belum lama ini.

 

Setelah tim Teknik Sipil, Fakultas Teknik (TS FT) UBL dengan beranggotakan mahasiswa Prodi TS 2015, Siti Mulyantika, Marnia Mei Saputri, dan Bayu Okta berhasil meraih juara III lomba pengelolaan sumber daya air tingkat nasional pada CNE 2017.

 

Dosen pembimbing tim TS FT UBL, Any Nurhasanah, menyebut pencapaian prestasi anak didiknya terasa istimewa karena menjadi juara dari Sumatera dengan peserta 100 tim dari berbagai kampus se-Indonesia. 

 

Bahkan UBL, kata dia, mendobrak prestasi dan mampu mengungguli berbagai kampus ternama di Pulau Jawa.

 

“Alhamdulillah, tidak menyangka tapi ini terjadi. Tim kita bisa mengguli banyak tim kampus nasional yang rutin mengikuti ajang ini,” ujarnya.

 

Terkait juara lainnya, Any membeberkan Juara I diraih Universitas Kristen Maranatha (UKM) Bandung, Jawa Barat, diikuti juara II Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) Jakarta. Sedangkan, Sekolah Tinggi Teknik (STT) – PLN, Jakarta juara harapan I dan  Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI), Malang, Jawa Timur juara harapan II.

 

Disinggung kunci sukses prestasinya, Any menyebutkan, hal itu berkat ketertarikan dan keinginan kuat para mahasiswa mengikuti lomba. 

 

"Sejak awal pendaftaran timnya langsung mengirimkan proposal dan paper jurnal ilmiah, sebagai prasyarat penyeleksian lomba," katanya.

 

Secara teknis, Any yang juga Kepala Pusat Studi Gempa dan Tsunami UBL menerangkan timnya dipanggil sebagai lima besar finalis CNE dengan tema pengelolaan limbah, yang baru perdana diadakan di even tahunan tersebut.

 

“Setelah lolos ke final, tim langsung membuat permodelan (prototipe) dan melakukan simulasi presentasi. Lomba ini mengangkat tema pengelolaan sumberdaya air, dari segi pengelolaan limbah rumah tangga," ujarnya. 

 

Bentuknya, ia menerangkan, sisa limbah cucian air mandi dan kebersihan rumah tangga disaring dan didaur ulang, agar bisa dimanfatkan kembali.(rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos