Hari Raya Idul Adha, Zainal: Momentum Raih Hikmah Berkurban

img
Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin menyerahkan hewan kurban./Galih

Harianmomentum.com--Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Zainal Abidin mengatakan momentum ini harus dimanfaatkan agar memperoleh hikmah dari ibadah berkurban.

"Idul Adha merupakan salahs atu hari bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia, karena keteladanan Nabi Ibrahim AS dan istrinya Siti Hajar beserta anaknya Nabi Ismail AS yang telah berkurban," kata Pj Bupati Tanggamus, Rabu (22/8).

Menurut dia, dasar-dasar keteladanan yang telah diletakkan itu jangan sampai dilewatkan begitu saja, namun harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

"Berkurban mungkin terlihat berat, namun dengan keiklasan yang ditanamkan, Insya Allah dapat terwujud," katanya.

Pelajaran yang berharga ini, dia melanjutkan, bagi umat Islam diperintahkan berkurban dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban dan melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu. "Ibadah itu semata-mata hanya karena ingin mendekatkan diri kepada Allah," ungkap Zainal.

Zainal mengajak para jemaah khususnya warga Kabupaten Tanggamus untuk kembali membangkitkan nilai-nilai essensial Idul Adha yaitu pengorbanan untuk keyakinan dan rasa persaudaraan, mendorong dan meningkatkan hubungan dengan pencipta.

"Kemudian menjaga hubungan dengan sesama manusia, memupuk sifat rela berkorban untuk kepentingan,yang lebih bernilai tinggi serta meningkatkan dan terus mendorong rasa persaudaraan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Sementara itu, salat Idul Adha di Masjid Al-Kautsar Kelurahan Kuripan Kecamatan Kotaagung diimami oleh Romlan Toat dengan Khotib Ustaz Cepi Taksir Alami.

Dalam khutbahnya, Ustaz Cepi mengajak masyarakat untuk berkurbanlah lantas dibagi-bagikan ke umat sekitarnya. Hal itu, selain bisa mendekatkan diri kepada Allah, juga dapat menjalin hubungan baik dengan sesama," ungkap Ustad  Cepi.

Usai pelaksanaan salat, Pj Bupati Zainal Abidin atas nama pribadi menyerahkan hewan kurban satu ekor sapi kepada PHBI Kotaagung.

Pemkab Tanggamus menyalurkan satu ekor sapi dan menghimpun tiga ekor sapi dari 32 orang pemberi kurban. Kemudian, empat ekor kambing. Semua hewan kurban akan didistribusikan ke beberapa tempat di seluruh Kabupaten Tanggamus.(glh/jal)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos