Nanang: Camat Harus Ciptakan Desa Wisata

img
Nanang Ermanto. Foto. Bob.

Harianmomentum.com--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto, mengingatkan para camat agar cepat tanggap dan aktif turun ke desa-desa.

Hal itu diungkapkan Nanang, usai melakukan pengecekan randis (kendaraan dinas) milik Pemkab Lamsel, di Lapangan Korpri pemkab setempat, Jumat (07/09/18)

Menurut Nanang, para camat harus memaksimalkan potensi sumber daya alam yang dimiliki wilayahnya. Seperti potensi desa wisata, karena setiap desa telah diberikan anggaran untuk dioptimalkan pemanfaatannya.

"Kecamatan harus punya inisiatif menjadikan desa pariwisata, agar anggaran di desa tidak sia-sia. Tinggal bagaimana camatnya saja. Saya minta sekarang camat banyak turun ke desa," kata Nanang di hadapan para camat.

Desa wisata akan meningkatkan perekonomian. Apalagi sebagian besar wilayah di Lampung Selatan ini merupakan wilayah yang strategis. Jadi jika tidak dikembangkan dengan baik, Lamsel akan menjadi wilayah yang tertinggal.

"Harus ada beberapa desa jadi desa pariwisata, desa kuliner, ciptakan home industri. Cari kegiatan di desa yang menonjol. Kerja santai tapi ada yang dikerjakan dan punya semangat," lanjut Nanang.

Mantan kepala desa dua periode ini juga mengharapkan, agar para camat menghidupkan lagi budaya gotong-royong yang sudah mulai hilang serta mengatasi masalah yang ada di kecamatan.

"Saya tantang kalian, sama-sama punya amanah kerja. Kalau desa tidak maju berarti camatnya tidak turun ke desa-desa. Buat apa ada tempat tapi tidak dicetak wilayahnya. Nanti akan diadakan lomba kecamatan pariwisata," pungkas Nanang. (bob).



Leave a Comment