Mahasiswa Unila Bina Desa di Lamsel

img
Pembukaan Program Desa Binaan oleh BEM FMIPA Unila di Balai Desa Tanjungratu, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan./ist

Harianmomentum.com--Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan program desa binaan di Balai Desa Tanjungratu, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Gubernur BEM FMIPA Unila, Randi Yuki Pratama mengatakan, kegiatan desa binaan itu akan terus berlanjut dimulai 13 sampai 14 Oktober 2018. 

“Kedatangan kami ke Desa Tanjungratu pada Sabtu 1 September 2018. Saat itu, kami disambut dengan penampilan pencak silat Pejuang Siliwangi,” kata Randi kepada harianmomentum.com, Senin (10/9/18).

Selanjutnya pada Minggu 2 September 2018, sambung dia, BEM FMIPA Unila telah melaksanakan kegiatan senam bersama warga dan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat setempat. “Kami juga telah melaksanakan kegiatan sosialisasi JKN - KIS bersama BPJS Bandarlampung,” ujarnya.

Kemudian pada Minggu (9/9/18), BEM FMIPA Unila secara resmi mengadakan acara pembukaan desa binaan yang diisi dengan Tabligh Akbar oleh Ustaz Khumaidi. 

“Warga dan para tamu undangan yang hadir terlihat antusias mendengar ceramah beliau yang ringan dan mudah dipahami. Kemudian acara ditutup dengan penyerahan wakaf mushaf Al-Quran ke Desa Tanjungratu,” tuturnya.

Acara itu dibuka oleh Bupati Lampung Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Masyarakat, Syahlani, 

Menurut Syahlani, pembinaan desa dapat menjadi wadah mahasiswa untuk bertukar pikiran. 

“Harapannya, ilmu yang diperoleh mahasiswa dari kampus dapat tersalurkan dengan baik dan bermanfaat," kata Syahlani.

Dia mengimbau agar kegiatan tersebut terus rutin dilakukan setiap tahunnya. “Semoga kegiatan selanjutnya tetap berjalan lancar dan dapat lebih meningkatkan tali silaturahim antara desa dan mahasiswa,” terangnya.

Acara itu turut dihadiri Wakil Dekan FMIPA Unila Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs Suratman, Kepala Desa Tanjung Ratu Bertalena, Kapolsek Katibung, serta kelompok PKK desa setempat juga turut andil memeriahkan acara dengan membuka stand produk lokal asli Desa Tanjungratu seperti kerajinan tangan, minuman nata, dan kue-kue kering.

Penampilan hadroh Majelis Rotib oleh murid Paud SPS Mawar Desa Tanjungratu, dan tari Sigeh Pengunten dari Sanggar Dandian Ratu turut memeriahkan kegiatan tersebut.(acw)





Leave a Comment