Guru Ujung Tombak, Kepala dan Pengawas Sekolah Harus Jadi Teladan

img
Rakor Dinas Pendidikan Tanggamus. Foto. Glh.

Harianmomentum.com--Guru harus memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Serta menguasai teknologi yang saat ini memasuki era digital dan online.

Hal itu ditegaskan Pejabat (Pj) Bupati Tanggamus Zainal Abidin pada Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus yang berlangsung pada 13-14 September 2018 di Gisting.

"Saya mengharapkan kepada dinas pendidikan untuk meningkatkan standar pelayanan minimal dan bermutu pendidikan," katanya.

Selain peran guru, kata Zainal, untuk meningkatkan mutu pendidikan, pengawas sekolah dan kepala sekolah harus menjadi teladan bagi para guru dan siswa, mulai dari berpakaian, bertutur kata, bersikap dan berbuat.

Karena itu, ke depan, Kepada Dinas Pendidikan diminta memperbanyak kegiatan peningkatan profesionalisme guru, sehingga guru lebih meningkat pengetahuan dan kompetensinya. 

Kegiatan gugus-gugus di sekolah untuk guru kelas, kegiatan MGMP, untuk guru mata pelajaran, kegiatan kelompok kerja Kepala Sekolah (K3S), harus ditingkatkan.

Untuk kepala sekolah dasar, Kegiatan Musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) untuk kepala SMP yang diisi dengan kegiatan pendalaman materi, sehingga pengetahuan guru dan kepala sekolah terus akan meningkat sesuai dengan perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Suatu sekolah yang dikatakan bermutu, apabila jenjang akreditasi sekolah tersebut sudah memperoleh nilai A. Dan Serta kepada setiap para pengawas sekolah untuk bisa memberikan pendampingan kepada sekolah-sekolah, sehingga sekolah itu benar-benar berkualitas.

"Melalui forum seperti ini diharapkan bisa bersinergi antara semua sekolah dan dinas pendidikan. APBD Tanggamus harus dimanfaatkan secara efektif, sehingga menghasilkan kualitas pendidikan di Kabuapten Tanggamus," ungkapnya.

Sementara Kepala dinas Pendidikan Tanggamus, A. Dasmi mengatakan, kegiatan ini bertujuan program untuk tahun 2019 di Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus. (glh/jal).



Leave a Comment