Menderita Komplikasi Paru-paru, Alfa Membutuhkan Bantuan Donatur

img
IMM Lampung Utara menyerahkan bantuan Rp3,9 juta kepada orang tua bocah 19 bulan. Foto. Yansen.

Harianmomentum.com--Usia Alfa baru 19 bulan. Namun, warga Ajikagungan, Kecamatan Abungkunang, Lampung Utara, ini menderita komplikasi penyakit paru-paru. 

Menurut ayahnya, Basor (40), penyakit yang menimpa putra bungsunya sudah berlangsung selama dua bulan ini. 

Awalnya Alfa sehat dan normal seperti kebanyakan bayi pada umumnya. Namun, tanpa diketahui penyebabnya, tiba-tiba Alfa mengalami sedikit demam dan kejang, kemudian dibawa ke rumah sakit Handayani. 

"Dia sebelum sakit sangat ceria bemain dan berjalan. Ketika dia mengalami sakit dan kejang, langsung saya bawa ke Handayani dan dirawat selama 13 hari," katanya. 

Ketika dirawat di Handayani, kondisinya belum separah sekarang. Kondisinya mulai memburuk setelah dirawat di Rumah Sakit Abdul Moelouk di Bandarlampung selama tujuh hari. "Lalu saya bawa pulang dan saya bawa ke Ryacudu," terangnya.

Hasil dianogsa dokter spesialis anak di RS Ryacudu, kata Basor, putranya mengalami komplikasi TBC dan paru-paru yang mengganggu sistem syaraf kanan dan kiri yang menyebabkan Alfa kejang-kejang. 

"Kata dokter, Alfa mengidap TBC, jadi sebelum dirujuk maka harus disembuhkan terlebih dahulu TBC nya dan Alfa harus dirawat di rumah sakit Ryacudu hingga TBC nya sembuh, baru dilakukan rujuk untuk pengobatan paru-parunya," katanya.

Namun, untuk pengobatan putranya itu, Basor mengaku kesulitan biaya karena kemapuan ekonominya terbatas.

Kondisi itu yang akhirnya membuat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampung Utara (Lampura) mengulurkan bantuan biaya pengobatan.

Menurut Ketua Cabang IMM Lampura Jefry Ramdani, Kamis (20/9/18), gerakan mahasiswa harus dekat dan memperjuangkan hak-hak masyarakat, maka sudah menjadi kewajiban mengimplementasikan kepedulian sosial bagi sesama. 

Salah satu bentuknya, melakukan penggalangan dana dan terus memantau perkembangan kondisi Alfa. "Melihat kondisi Alfa dan kondisi ekonomi keluarganya kami bertekad untuk membantu pengobatan Alfa hingga tuntas. Hasil penggalangan dana alhamdulillah terkumpul uang sebesar 3,9 juta rupiah dan sudah kami serahkan pada orang tua Alfa," tutur Jefri

Upaya pengobatan Alfa, IMM menggandeng dua lembaga yang bergerak di bidang sosial terutama lembaga. "Alhamdulillah banyak respon baik dari berbagai elemen sosial seperti Muslimah Kaffah dan Respect Peduli. Mereka siap membantu pengobatan Alfa," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Muslimah Kaffah, Iren  ditemani perwakilan Respect Peduli menyatakan akan membantu pengobatan Alfa hingga tuntas. 

Menurut dia, Muslimah Kaffah merupakan wadah yang bergerak untuk mengakomodir para donatur yang ingin beramal dalam hal membantu biaya pengobatan masyarkat kurang mampu.

"Kami mengumpulkan dana dari donatur atau istilah yang kami Dalurat Financial. Kami hanya menyalurkan amanah dari para donatur. Kami akan membantu pengobatan Alfa hingga tuntas tetapi kami perlu update perkembangan kondisi Alfa karenanya kami juga butuh terus informasi perkembangan kondisi Alfa," ujar Iren. (Ysn)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos