PNM Gelar Pelatihan Pemasaran Produk Secara Online

img
Pimpinan PT PNM Cabang Lampung Deden Yoga Nugraha menyerahkan bantuan ke pengurus panti asuhan./ist

Harianmomentum.com--PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lampung menggelar pelatihan pengembangan kapasitas usaha bertajuk “Pemasaran Produk Secara Online”.

"Pelatihan dilakukan dalam rangka meningkatkan pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan mengikuti perkembangan digital sekarang ini," ujar Pimpinan PT PNM Cabang Lampung Deden Yoga Nugraha, di RM Raja Kuring Bandarlampung, Kamis (20/9).

Pelatihan diikuti oleh 75 peserta yang merupakan nasabah pemilik usaha (home industry), jasa, dan perdagangan atau calon nasabah yang dipilih dari unit ULaMM yang berkedudukan di wilayah UlaMM cabang Lampung.

Menurut dia, era saat ini para pelaku UKM bisa dikatakan tidak dapat dipisahkan dari dunia ekonomi. Berkaitan dengan dunia UKM dan bisnis, marketing menjadi ujung tombak bagi keberlangsungan usaha. 

Dalam hal ini UKM membutuhkan sarana yang berkaitan dengan marketing dalam memasarkan produk-produknya. Oleh karena itu, PNM menggelar kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha/PKU Reguler dengan tema Pemasaran Produk Secara Online guna memperluas jaringan usaha bagi nasabah ULaMM harapan UKM mampu bersaing dengan perkembangan teknologi.

Berharap di tahun 2020 mendatang Indonesia akan menjadi next digital energi dengan mengkolaborasikan anak-anak muda yang paham online untuk meningkatkan pangsa pasar melalui jejaring media sosial.


Kesulitan memasarkan produk, kerap jadi tantangan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama yang berasal dari daerah. Jika tidak ada dukungan pemangku kebijakan, UKM akan kalah bersaing dengan pesaing dari luar. Dengan melihat penetrasi internet yang sudah lebih dari 100 juta dan pengguna smartphone juga telah menembus angka 90 juta pemakai, tentu promosi yang memanfaatkan internet semakin menjadi pilihan yang tidak dapat ditolak lagi.

Apalagi jika membuka cabang, tentu para UKM akan mengeluarkan biaya yang besar. Dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dalam memasarkan produk ataupun jasa, diharapkan mampu menjangkau pasar yang lebih luas sehingga semakin banyak yang mengetahui dan ujung-ujungnya membeli produk/jasa yang ditawarkan.

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah mendukung pengembangan kemampuan peserta dalam melakukan pemasaran produk secara online dan juga mendukung terbentuknya UKM yang professional, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam dunia usaha.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Perwakilan Bukalapak. Program pengembangan kapasitas usaha melalui fasilitasi dan sosialisasi akses permodalan UMKM merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan bagi UMKM.

PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 2449 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.754 kantor cabang Mekaar.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos