Pemkab Pringsewu Siap Bantu Pengembangan Usaha Kelompok Masyarakat

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meninjau kegiatan usaha Paguyuban Jamban Sewu

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Pringsewu siap membantu  pengembangan dan pemasaran produk hasil usaha kelompok masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat meninjau kegiatan usaha Paguyuban Jamban Sewu, di Pekon Patoman, Kecamatan Pagelaran, Jumat (21/09/2018).

Paguyuban Jamban Sewu merupakan kelompok usaha masyarakat yang begerak di bidang produksi peralatan sanitasi(jamban) sehat.

"Kegiatan usaha yang dilakukan paguyuban jamban sewu ini sejalan dengan program ODF (Open defecation free) yang dilakanakan pemerintah untuk  mewujudkan Kabupaten  Pringsewu bebas aksi buang airbersih sembarangan. Pemkab Pringsewu siap memberikan dukungan, memnberikan platihan pengembangan produksi, pemasaran dan permodalan," kata wabup.

Karena itu, wabup mempersilahkan Paguyubab Jamban Sewa dan kelompok-kelompok usaha masyarakat lain menyusun program pengembangan usaha dan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mendapatkan bantuan.

"Ini menjadi tugas dinas kesehatan, dinas koperasi dan perdagangan dan dinas-dinas lainya, bagaimana membantu pengembangan usaha yang dikelola kelompok masyarakat," imbaunya.

 Sekretaris Paguyuban Jamban Sewu mengatakan Edi Trafsilo, saat ini kelompok usaha masyarakat tersebut memiliki 96 anggota.

"Kami terkendala masalah permodalan untuk pengembangan usaha ini. Apalagi permintaan produk jamban sehat ini terus meningkat," ungkapnya.

Dia melanjutkan, selain jamban, paguyuban tersebut berencana memproduksi peralatan sanitasin lainya, seperti: sabun dan septic tank atau bak penampungan limbah rumah tangga.

"Rencananya kita akan kembangkan untuk memproduksi jenis peralatan sanitasi lainya, tapi ya itu tadi, kami terkendal permodalan," ungkapnya.

 Pada peninjauan tersebut, Wabup Pringsewu didampingi sejumlah pejabat pemkab setempat: Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan sekaligus Plt Kadis Perindagkop UKM Junaidi Hasyim, Kadis Kesehatan Purhadi, Kadis Pertanian Iskandar Muda, Kadis Kominfo Kudus Heriyanto dan Kabag Humas dan Protokol Ibnu Harjianto.

Usai meninjau kegiatan usaha Paguyuban Jamban Sewu, wabup melanjutkan agenda menyerap aspirasi masyarakat dan kelompok tani di Dusun Padangbulan, Kelurahan Pajaresuk, Kecamatan Pringsewu. (lis)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos