Tutup Kemilau Ngambur, Bupati Minta Gitar Tunggal Terus Dipopulerkan

img
Bupati Agus Istiqlal menerima sekapur sirih saat penutupan Kemilau Ngambur di Pesisir Barat.

Harianmomentum.com--Menutup gelaran Kemilau Ngambur, Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal meminta Dinas Pariwisata mengembangkan dan menggalakkan minat masyarakat untuk bermain gitar tunggal yang merupakan alat musik khas Provinsi Lampung.

Hal itu dikatakan Bupati Agus Istiqlal disela-sela malam penutupan Kemilau Ngambur, di kawasan wisata pantai Way Batang, Pekon Negeri Ratu Ngambur, Kamis (4/10) malam.

Dia mengatakan cukup bangga dengan keberadaan masyarakat yang masih mengeksiskan hiburan gitar tunggal. "Saya sangat senang dan bangga, ada warga saya yang masih menggunakan alat musik gitar tunggal. Suguhannya juga sangat luar biasa menghibur," ujar Agus dengan bahagia.

Karenanya, Agus meminta agar Dispar segera mengambil langkah untuk mengoptimalkan potensi tersebut. "Kelak gitar tunggal harus lebih banyak lagi masyarakat yang mahir menggunakan. Bagaimanapun juga caranya, ini jauh lebih menghibur," tukasnya.

Saat menyampaikan sambutan, mantan Kepala Kejaksaan Tanggamus itu mengungkapkan Pemkab Pesibar melalui dinas pariwisata telah melaksanakan kegiatan Kemilau Ngambur yang berjalan baik dan sukses.

Kegiatan ini tidak hanya meriah namun juga memiliki ciri khas dan menarik, yang menampilkan kreativitas masyarakat Ngambur serta para pecinta seni budaya bisa berkreasi dan berinovasi.

Demikian juga bagi yang mempunyai hobi olahraga dan petualangan, bisa menyalurkan melalui kegiatan ini. Kegiatan dimaksud telah dilaksanakan sejak hari pembukaan Selasa (2/10) sampai dengan malam penutupan Kamis (4/10) malam.

Pertunjukan seni budaya menjadi salah satu magnet bagi wisatawan untuk tetap berkunjung ke Negeri Para Saibatin dan Para Ulama ini.

Selanjutnya kata Bupati, pihaknya patut bersyukur, karena Kemilau Ngambur tidak hanya dapat memberikan tontonan dan hiburan yang positif bagi warga , melainkan juga mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk bangga dan mencintai kekayaan daerah kabupaten Pesisir Barat yang potensinya tidak kalah dengan daerah lain.


"Kami sampaikan selamat dan terima kasih, serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara, para camat peratin, seniman dan budayawan," terang Bupati

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi dan kebersamaan kita dalam melestarikan dan mempromosikan seni budaya dan kepariwisataan,Guna  membangun masyarakat kabupaten Pesisir Barat yang hebat dan bermartabat. 

Ungkapan tersebut juga diamini Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal. Menurutnya, Pemkab Pesibar melalui Dispar, pada Tahun 2019 mendatang, memasukkan gitar tunggal dalam cabang yang diperlombakan. "Tahun depan harus dilombakan dan hadiahnya harus besar, agar minat masyarakat jauh lebih tinggi," pungkasnya.(asn)



Leave a Comment