DPRD Pesisir Barat Setujui 6 Raperda

img
Persetujuan enam raperda, termasuk dua usul dewan. Foto. Agung S.

Harianmomentum.com--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar rapat Paripurna Persetujuan Rencana Peraturan Daerah (Raperda)  Tahun 2018.

Rapat yang dilaksanakan di Gedung Wanita Kecamatan Pesisir Tengah, pada Kamis (10/10) sekitar Pukul 10.30 WIB, dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD AE. Wardhana Kesuma.

Dihadiri 18 anggota DPRD dari 19 anggota. Enam anggota yang diberhentikan keanggotannya karena nyaleg dengan partai lain, hingga kini belum ada penggantinya.

Ketua DPRD Pesibar Piddinuri, Wakil ketua I,  M. Towil,  Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, Wakil Bupati Pesibar Erlina, juga hadir bersama sejumlah kepala OPD,  dan unsur forkopimda Lambar – Pesibar.

Perwakilan badan pembentukan Perda DPRD Pesibar,  Mat Nawawi menyampaikan hasil musyawarah pembahasan enam usulan raperda yang telah melalui rangkaian kegiatan proses pembentukannya.

Empat raperda usul kepala daerah yaitu, Raperda tentang Retribusi Izin Usaha Perikanan, kedua Raperda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada PT. Bank Lampung, ketiga Raperda tentang Rencana Pembangunan Iindustri Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018-2037.

Keempat Raperda tentang Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman tahun 2018-2037.

Dua lagi, raperda inisiatif DPRD. Yaitu, Raperda tentang Pelindungan Bahasa Daerah dan Raperda tentang Ketertiban Wisata, jelas Mat Nawawi.

Sementara Bupati Agus Istiqlal menyampaikan terima kasih atas persetujuan empat raperda yang diusulkan pemerintah dan dua dari inisiatif DPRD.

Mulai dari tahap paripurna penyampaian nota pengantar, paripurna penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi dan tanggapan pemerintah, paripurna penyampaian jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi serta pembahasan, papar Agus.

"Semoga rancangan peraturan daerah yang kita setujui ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amiin," pungkas Agus. (asn).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos