Bank Indonesia Kampanyekan GPN

img
GPN. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Bank Indonesia mengampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau national payment gateway. Yaitu, sistem yang mengintegrasikan transaksi antar-bank. 

Layanan GPN mencakup standard, switching, dan services. Ketiga sistem dalam GPN tersebut dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Hal tersebut disampaikan kepala kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Lampung Budiharto Setyawan dalam pertemuan di Bandarlampung, Senin (22/10/18).

Budi mengatakan, GPN merupakan upaya BI untuk menyatukan berbagai platform kartu ATM/debet sebagai wujud interkoneksi antar switching dan interoperabilitas sistem pembayaran. 

"Selama ini masing-masing bank mengembangkan sendiri switching dan interoperabilitas, GPN menyatukan semua platform tersebut," ujar Budi.

Dia menuturkan, saat ini logo GPN sendiri memang masih diberlakukan untuk kartu ATM/debit. Namun demikian, launching sendiri telah dilakukan sejak bulan Mei 2018 lalu.

"Dan saat ini kita sudah mulai mengkampanyekan kartu ATM/debit berlogo GPN agar masyarakat mulai mengganti kartu ATM/debit yang lama dengan kartu baru yang sudah dilengkapi dengan logo GPN,” kata dia.

Budi mengungkapkan, sejak peluncuran GPN secara nasional pada Mei 2018 lalu, hingga hari ini telah beredar 10.000 kartu berlogo GPN di Provinsi Lampung.

Selanjutnya Budi mengimbau nasabah yang belum memiliki ATM berlogo GPN, untuk segera melakukan penukaran melalui masing-masing bank atau layanan gerak yang tersedia.

Adapun cara pergantian kartu ATM/debit bisa dilakukan nasabah dengan datang langsung ke bank-bank terdekat dengan membawa kartu ATM yang lama, serta kartu identitas diri (KTP). Pergantian kartu tersebut dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya."Silahkan datang ke bank tempat Anda menabung untuk mengganti kartu ATM lama dengan kartu baru berlogo GPN. Syaratnya membawa KTP asli dan KTP lama," ungkapnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, pihaknya menargetkan pada tahun 2022 mendatang, seluruh nasabah bank di Indonesia sudah memiliki kartu ATM berlogo GPN.

"Tapi untuk data pasti seluruh nasabah belum kami miliki karena kami belum mengcollect data dari seluruh bank di Lampung," pungkasnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos