Pemuda Muhammadiyah Lampura Gelar Diklatsar KOKAM

img
Pengalungan tanda peserta DIklatsar KOKAM Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Lampung Utara

Harianmomentum.com--Pemuda Muhammadiyah (PM) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM). 

Diklatsar yang berlangsung selama tiga hari: Senin hingga Rabu (5-7/11/2018) di markas Kodim 0412 Lampura itu diikuti  60 peserta.

Ketua pelaksana kegiatan tersebut Yudi Saputra mengatakan, Diklatsar KOKAM merupakan latihan fisik sekaligus pembentukan mental serta kedisiplinan bagi kader angkatan muda Muhammadiyah. 

"Diklatsar ini bagian dari penyiapan pelaksanaan misi dakwah Muhammadiyah. Kami menyampaikan, terimakasih kepada jajaran Kodim  0412 yang sudah memfasilitasi tempat dan instruktur diklatsar kali ini," kata  Yudi. 

Hal senada dikatakan Ketua PM Lampura Merwan. Dia menerangkan, PM sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang  berfungsi mengawal misi dakwah Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "KOKAM  selalu siap dalam aktivitas sosial kemanusiaan dan keagamaan serta menjaga keutuhan NKRI," terangnya.

Ketua PM Provinsi Lampung Abdurahman Saleh mengatakan, tugas dan fungsi KOKAM tersimpul dalam trilogi: merawat ukhuwah Islamiah, menjaga Pancasila dan NKRI serta mengembirakan dakwah kemanusian. 

"Seragam loreng bukan untuk gagah-gagahan. Sama siapa pun kita wajib merawat ukhuwah. KOKAM harus memiliki kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi. Tolong pak Dandim, pak Kapolres, setiap ada agenda sosial libatkanlah KOKAM," pintanya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lampura Zainal Abidin menyatakan, tupoksi KOKAM adalah mengawal visi misi Muhammadiyah guna mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. 

"Saya tegaskan Muhammadiyah sangat menerima perbedaan. Muhammadiyah juga sangat toleran atas perbedaan. Perbedaan adalah energi persatuan yang saling mengisi dan melengkapi. Bagi Muhammadiyah Pancasila dan NKRI adalah konsensus nasional yang tidak bisa diganggu gugat lagi," terangnya.

Hadir dalam acara itu, Pelaksana Harian (Plh) Komandan Kodim 0412 Mayor. Inf. Afrizal, Kapolres Lampura AKBP. Budiman Sulaksono dan Kepala Kesbangpol Lampura Firmansyah. (ysn)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos