Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah di Kotaagung Barat

img
Genangan air mencapai dada orang dewasa. Foto. Glh.

Harianmomentum.com--Banjir bandang melanda wilayah Kecamatan Kotaagung Barat, Kabupaten Tanggamus. Ratusan rumah warga di lima pekon terendam air akibat meluapnya Sungai Waybelu pada Rabu (8/11/18).

Lima pekon yang terkena banjir, Negarabatin, Belu, Banjarmasin, Tanjungagung dan Tebabunuk. 

Banjir terparah terjadi di Pekon Negarabatin, tepatnya di Kampung Bayur, dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Sedikitnya 22 rumah di Kampung Bayur yang terendam banjir.

Sementara di Pekon Belu ada sekitar 35 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Kemudian di Pekon Banjarmasin sekitar 11 rumah, di Pekon Tanjungagung 23 rumah, dan di Pekon Tebabunuk, tepatnya di Dusun Tanjung beliung ada sekitar 13 rumah yang terendam banjir.

Selain merendam rumah warga, banjir bandang juga menyebabkan sejumlah tanggul penahan banjir jebol. Seperti tanggul di Dusun Kampung Bayur, jebol sekitar 60 meter.

Kemudian tanggul di Dusun Susukan Atas Pekon Kanyangan, panjang tanggul yang jebol sekitar 50 meter. Dan tanggul sungai di Dusun Baru, Pekon Banjarmasin, panjang tanggul yang jebol sekitar 45 meter.

Tidak hanya merendam pemukiman warga dan mengakibatkan tanggul jebol, banjir bandang juga menyebabkan sejumlah lahan pertanian di Kecamatan Kotaagung Barat terendam banjir.

Lahan pertanian yang terendam banjir yakni lahan sawah di Pekon Tanjungagung dengan luas sekitar 30 hektare, dan usia padi rata-rata 60 hari. Kemudian ribuan tanaman pepaya california di Pekon Kanyangan.

Tanggul penahan sungai di Pekon Waybelu jebol, akibatnya ribuan batang kates terendam banjir.

Menurut keterang masyarakat, banjir terjadi pada Rabu (7/11) pagi sekitar pukul 05.30. Namun banjir mulai surut pada Pukul 11.30 Wib. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut. (glh/jal)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos