KPU Lamsel Terima Dua Jenis Logistik Pemilu

img
Logistik pemilu 2019. Foto. Bob.

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), terus mempersiapkan berbagai kebutuhan pemilihan umum (pemilu) 2019.

Salah satunya masalah logistik yang menjadi perhatian penyelenggara pemilu, seperti bilik suara, kotak suara, alat pencoblos, tinta pemilu dan kertas suara.

Menurut Sekretaris KPUD Lampung Selatan, Bejo Purnomo,  dari berbagai jenis logistik pemilu, saat ini baru dua jenis logistik yang diterima KPU Lamsel, yakni kotak suara dan bilik suara. Itu pun jumlahnya masih kurang dari kebutuhan. 

"Kebutuhan bilik suara di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 12.376 buah. Sedangkan bilik suara berbahan kardus yang sudah ada di Gudang KPU sejumlah 10.006 buah, dan bilik suara berbahan alumunium yang bisa dipakai ada 2.366 buah. Ada kekurangan 4 buah bilik suara," ujar Bejo, Minggu (11/11/2018).

Untuk kotak suara, KPU Lamsel membutuhan 15.668 buah. Tetapi yang diterima baru 15.652 buah, masih kurang 16 buah.

"Kami suah mengirimkan surat ke  Sekjen KPU pusat tentang kekurangan itu," katanya seraya menyebutkan, logistik pemilu itu ditempatkan di dua lokasi.

Pihaknya juga melakukan koordinasi bersama jajaran Polres Lamsel, guna melakukan pengamanan dan penjagaan yang khusus.

"Perawatan dan penanganan logistik pemilu dilakukan secara khusus terutama untuk material yang menggunakan material kardus," terangnya. 

Sementara, Ketua KPU Lampung Selatan Abdul Hafidz mengatakan persiapan logistik  pemilu ada 4 tahapan. Yakni penerimaan dari pusat, perawatan juga pengamanan, pendistribusian ke seluruh daerah pemilihan dan penarikan. 

"Penerimaan logistik dari pusat, diperkirakan mulai penuh pada awal Januari 2019. Setelah kami terima, akan ditempatkan di gudang-gudang," ujarnya. 

Selanjutnya didistribusikan ke seluruh daerah-daerah pemilihan. Logistik akan ditarik kembali dari TPS setelah pemilu selsai. (bob).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos