PLN Tanam 1.200 Pohon di THR Wan Abdul Rachman

img
Penanaman pohon di THR Wan Abdul Rachman. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--PT PLN Distribusi Lampung, melalui program bina lingkungan, menanam 1.200 pohon di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman, Rabu (28/11/18). 

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Syaiful Bachri mengapresiasi penanaman pohon oleh PLN sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Menurut Syaiful, menanam pohon bukan hanya tugas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun Pemerintah Daerah saja, namun merupakan tanggungjawab semua pihak untuk melestarikan lingkungan.

Dia menerangkan, kondisi kehutanan di Provinsi Lampung saat ini cukup memprihatinkan, karena sekitar 50% dari luas hutan yang ada dalam kondisi kurang baik.

"Dengan adanya gerakan-gerakan penanaman pohon seperti yang dilakukan oleh PLN diharapkan dapat memperbaiki dan memulihkan tutupan lahan di lokasi ini," ujar Syaiful.

Selanjutnya dia mengungkapkan, dalam rangka memulihkan fungsi hutan, Pemprov Lampung juga menggerakan partisipasi masyarakat dalam bentuk kegiatan perhutanan sosial, dengan melakukan vegetasi di daerah garapan mereka.

"Jadi memang kewajiban menanam pohon ini bukan hanya lingkup kehutanan, baik Dinas Kehutanan atau teman-teman dari UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tapi semua pihak, dan hari ini kita buktikan PLN Distribusi Lampung mempunyai kepedulian menanam pohon," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Lampung Agung Surana mengatakan, penanaman pohon tersebut merupakan program CSR PLN sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dalam rangka pemulihan Daerah Aliran Sungai.

Dikatakannya, kegiatan ini sesuai dengan misi PLN dimana eksistensi bisnis PLN dibidang ketenagalistrikan antara lain ditujukan untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mendorong kegiatan ekonomi bangsa.

"Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di Provinsi Lampung saja, namun dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh PT. PLN," ucapnya.

Program penanaman pohon tersebut, lanjut Agung, merupakan program berkelanjutan dan tidak berhenti sampai dengan penanaman saja, namun juga akan dilakukan pemantauan dan perawatan rutin agar tercapai tujuan dari penghijauan tersebut.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, ada 6 jenis bibit pohon yang ditanam di wilayah Tahura Wan Abdul Rachman yaitu,Trembesi sebanyak 350 batang, Pinus 350 batang, Ketapang Kencana 350 batang, Cemara Nortox 60 batang, Glodokan 60 batang serta Durian 30 batang.

"Penanaman seribu pohon ini salah satu program CSR atau tanggungjawab sosial kita terhadap masyarakat bekerjasamadengan Dinas Kehutanan, sehingga apa yang kita kerjakan ini tepat sasaran yaitu dalam rangka pemulihan DAS," ungkapnya.

Pada tahun 2018 ini, ada sekitar 36.649 bibit pohon yang telah ditanam di wilayah Tahura yang berasal dari Kementerian LHK sebanyak 10.000 batang, Pemerintah Provinsi Lampung 25.449 batang dan CSR PLN Distribusi Lampung 1.200 batang. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos