Gubernur Tantang Kemenperin Bangun Politeknik di Lampung

img
M Ridho Ficardo dan Haris Munandar. Foto. Ist.

Harianmomentum--Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan Sekretaris Jendral Kemenperin Haris Munandar N menandatangani hibah lahan untuk pembangunan gedung SMK SMTI Bandarlampung.

Penandatanganan hibah lahan milik Pemerintah Provinsi Lampung itu berlangsung di ruang rapat utama Kantor Gubernur Lampung, Jumat (30/11) sore. Di atas lahan itu akan dibangun bagunan 4 lantai.

Haris Munandar mengatakan, permintaan lulusan SMK SMTI cukup banyak, baik dari Lampung maupun dari provinsi lain, seperti Banten dan Jawa Barat. Karenanya dibutuhkan penambahan kapasitas.

"Saya berterima kasih kepada Pemprov Lampung, terutama kepada Gubernur Lampung Ridho atas bantuan tanah. Rencananya diatas tanah tersebut akan dibangun gedung 4 lantai untuk pengembangan SMK SMTI," katanya.

Disebutkan, dengan gedung baru itu akan meningkatkan daya tampung SMK SMTI hingga 802 orang dari sebelumnya 200 orang.

Selain menambah daya tampung, lanjut Haris, ke depan lulusan SMK SMTI Bandarlampung juga akan memiliki sertifikat kompetensi bertaraf internasional yang sudah link and match dengan dunia industri. Menurut dia, 90 persen lulusan SMK SMTI sudah bekerja dan melanjutkan kuliah.

Sementara Gubernur Ridho menyatakan bahwa salah satu dari kebijakan strategis Provinsi Lampung adalah melakukan industrialisasi. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan SDM pendukung yang memadai.

Dibangunnya gedung 4 lantai SMK SMTI, diharapkan dapat meningkatkan SDM Provinsi Lampung dalam menyongsong era industrialisasi.

"Saya juga mendorong berbagai perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitasnya. Beberapa waktu lalu pemprov juga memberikan hibah lahan untuk Unila, Itera, UIN Raden Inten, Polinela," katanya.

Pesatnya pembangunan infrastruktur di Provinsi Lampung, secara alami industrialisasi pasti akan terjadi. Namun apakah SDM Lampung siap atau tidak, itu yang menjadi perhatian khusus dari Pemprov Lampung agar masyarakat Lampung tidak kalah saing.

Selain gedung SMK SMTI, Gubernur Ridho juga menantang Kemenperin RI untuk segera membangun Politeknik di Lampung.

"Hibah tanah untuk SMK SMTI ini hanya 512 meter persegi. Malu saya sebagai gubernur. Padahal kalau minta 10 hektar pun saya kasih. Saya tantang Kemenperin untuk bikin Politeknik di Lampung, berapapun tanah yang dibutuhkan akan kami siapkan," tegas Ridho. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos