Bachtiar: ASN Jangan Terjebak Egosektoral

img
Wagub Bachtiar Basri menyebarkan pin Satyalancana Karya Satya kepada tiga ASN Provinsi Lampung. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri meminta aparatur sipil negara (ASN) tidak terjebak egosektoral, egoorganisasi, dan egoprogram masing-masing. ASN harus sungguh-sungguh melayani masyarakat, meningkatkan kualitas kerja, tata kelola pemerintahan, dan menjaga akuntabilitas. 

Permintaan itu disampaikan Wakil Gubernur saat membacakan pidato Presiden RI Joko Widodo, pada upacara memperingati HUT Korpri 2018 Tingkat Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri, Kompleks Kantor Gubernur Lampung, Senin (3/12/18).

"Mau tidak mau, ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, dan berkolaborasi dengan pihak pihak terkait," ujar Bachtiar.

Bachtiar mengatakan, ASN juga harus banyak melakukan penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman. Apalagi mengenai revolusi industri 4.0 yang membawa perubahan lansekap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. 

"Perkembangan teknologi informasi, terutama media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN," kata Bachtiar.

Menurut Bachtiar, selama ini, ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional.

Presiden apresiasi terhadap para ASN yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi.

Pada acara tersebut, turut disematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI kepada tiga pegawai negeri sipil di Lingkungan Pemprov Lampung yang bekerja selama 10, 20, dan 30 tahun.

Ketiga ASN Itu, Kepala Bappeda, Taufik Hidayat yang dianugerahkan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dan Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah pada Satuan Polisi Pamong Praja, Lakoni yang dianugerahkan Satyalancana Karya Satya 20 tahun.

Selanjutnya, Kepala Sub Bagian Pengelolaan Kendaraan pada Biro Umum, Tias Hari Saputra, yang dianugerahkan Satyalancana Karya Satya 10 tahun. Pada acara itu juga diserahkan tabungan hari tua dan pensiun dari PT Taspen (Persero) Bandar Lampung. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos