Rumah Warga di Pringsewu Terbakar

img
Rumah milik Rudianto alias Tehong mengalami kebakaran hingga 40 persen./Sulis

Harianmomentum.com--Rumah milik Rudianto alias Tehong (55) yang berada di pinggir jalan Raya Podorejo, Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu terbakar. Api melalap rumah itu pada pukul 13.40 Wib, Rabu (5/12).

Berdasarkan pantauan kontributor harianmomentum.com di Pringsewu, Selasa (5/12), kobaran api padam sekitar pukul 15.10 Wib setelah datangnya tiga mobil pemedam kebakaran.

Diperkirakan api melalap sekitar 40 persen rumah mewah tersebut, namun dugaan api belum bisa dipastikan penyebabnya.

Hampir setengah atapnya ambrol dan dua kamar serta ruang tamu hangus terbakar. Kerugian diperkirakan ratusan juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Tehong yang juga pengusaha properti beserta istri dan keluarganya sedang berada di Jakarta. Sehingga rumah itu dalam keadaan kosong.

Menurut saksi mata, Winda karyawan Tehong yang pertama kali melihat api, melihat asap tebal muncul dari salah satu kamar bagian depan milik Tehong.

"Saya masih di kantor, saat itu juga saya melihat asap tebal, kemudian saya langsung berteriak memberitahu karyawan lain yang ada di depan rumah Pak Tehong," tuturnya.

Kemudian, karyawan lainnya Fuad langsung menuju rumah bosnya dan benar ada asap tebal. Namun mau masuk, pagar rumah dalam keadaan terkunci.

"Saya melihat di atas atap ada asap tebal disertai api yang keluar, jadi saya langsung menghubungi pemadam kebakaran dan langsung menghubungi bos yang lagi berada di Jakarta," kata Fuad.

Dia menambahkan, awalnya sejumlah warga mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, tetapi api malah  terus membesar.

Beruntung sekitar setengah jam dari itu, tiga mobil pemadam datang di lokasi dan petugas langsung bergerak untuk memadamkan api. Hingga api benar-benar padam sekitar pukul 15.10 Wib.

Satgas Pemadam Kebakaran, Thabrani mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga dan langsung mengerahkan tiga unit damkar ke lokasi. Untuk memadamkan api ini memerlukan lima tangki mobil pemadam kebakaran barulah api bisa padam.

"Kami dari pihak Satgas pemadam kebakaran berterima kasih kepada warga yang turut serta untuk memadamkan api," ujarnya.

Thabrani menambahkan ada beberapa dokumen yang diselamatkan, satu unit mobil Toyota Camry, dan beberapa barang lainnya.

Bahkan salah satu pekerja PLN Angga sempat memutuskan saluran listrik PLN. "Kami berinisiati memutuskan saluran listrik dua titik kabel PLN agar bisa menjaga keamanan listrik yang lainnya," jelasnya.

Lokasi kebakaran saat ini telah diberi police line atau pembatas oleh pihak Polsek Pringsewu Kota untuk keamanan, bahkan petugas masih tetap berjaga.(lis)









Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos