Gagal di Lampung, Herman Hn Disarankan Nyalon Gubernur di Bengkulu

img
Walikota Bandarlampung Herman Hn saat debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Lampung.// Harian Momentum

Harianmomentum.com--Kegagalan Herman Hn kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Lampung mendapat simpatik dari Walikota Bengkulu, Helmi Hasan. Sehingga, adik kandung Ketua MPR Zulkifli Hasan itu menawarkan ke Herman untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Bengkulu.  

Menurut Helmi, dua kali bertarung dalam pilgub Lampung Herman selalu menjadi runner up, memperoleh suara terbanyak kedua. Padahal, kinerja Herman dinilai sangat baik dalam membangun kota dan mengelola pemerintahan. Bahkan, seluruh walikota se sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) sudah mengakui hasil kinerja Herman selama meimimpin. 

"Kami (para walikota) menilai kinerja Herman bukan berdasarkan ucapan semata, tapi melalui bukti nyata hasil pembangunan. Karena banyak kepala daerah yang perkataannya manis tapi hasil kerjanya nggak ada," kata Helmi, Rabu (5/12/18) di Kantor Walikota Bandarlampung. 

Terlebih, masyarakat itu membutuhkan hasil kerja kepala daerahnya, bukan pencitraan semata. Di Bandarlampung Helmi menilai Herman telah sukses membangun seperti menciptakan progran sekolah gratis melalui Bina Lingkungan (Biling), peningkatan jalan lingkungan dan lain sebagainya. 

Menurut Helmi, Herman tipikal kepala daerah yang sedikit bicara tapi banyak kerja. "Terbukti, saat pencalonan Herman menjadi walikota pada periode kedua hasilnya 80 persen lebih warga memilih dia," jelas Helmi. 

Bahkan, Helmi mengaku banyak belajar dari Herman soal rencana maupun program kerja yang diterapkan di pemerintahan. "Beliau adalah guru saya, saya banyak belajar darinya. Karena mencontoh program kerja beliau, saya berhasil terpilih kembali menjadi walikota Bengkulu untuk periode kedua," kata dia. 

Atas dasar itu, Helmi menganggap tidak ada salahnya jika Herman HN untuk mencalonkan diri sebagai gubernur Bengkulu. "Pak Herman sempat bilang dua kali gagal terpilih menjadi gubernur, makanya saya sarankan untuk nyalon saja di Bengkulu," kata Helmi. 

Meski demikian, Helmi menyatakan tawaran itu hanya intermezo. Meski demikian, dia menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Herman HN. "Saya menawarkan pak Herman karena melihat hasil kerjanya bagus. Kalau beliau bersedia alhamdulillah, nggak juga ya tidak apa- apa," katanya. 

Jika Herman bersedia mencalonkan diri sebagai gubernur di Bengkulu, apakah Helmi mau berpasangan dengannya? "Itu saya serahkan semuanya kepada Allah, kita ikuti saja rencananya. Insya Allah, kemungkinan itu bisa saja terjadi," ujar Helmi sembari tertawa. 

Sementara, Walikota Bandarlampung Herman HN sangat mengapresiasi tawaran dari Helmi Hasan. Namun, dirinya mengaku belum pernah berpikir untuk mencalon di Bengkulu.  "Nggak lah, cukup di Lampung saja," kata Herman. 

Diketahui, pada Pilgub 2014 lalu Herman yang berpasangan dengan Zainudin Hasan kalah suara dari M Ridho Ficardo--Bachtiar Basri. 

Selanjutnya pada Pilgub 2018 Herman yang berpasangan dengan Sutono hanya berhasil meraih suara terbanyak kedua, kalah dari pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim. (ap)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos