Balai Karantina Musnahkan 2,5 Ton Barang Sitaan

img
Pemusnahan barang sitaan di BKP Kelas 1 wilker Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Foto:Boby/H-momentum

Harianmomentum--Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas 1 wilayah kerja Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan memusnahkan 2,5 ton barang sitaan berupa produk olahan hewan dan daging mentah.

 

"Seluruh barang atau daging yang dimusnahkan pada siang ini merupakan sitaan kami dua bulan terakhir, terutama pada bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri lalu. Barang-barang itu tidak dilengkapi dokumen yang sah dalam perjalanannya dari tempat asal ke tempat tujuannya", ujar Kepala BKP Kelas I Bandarlampung, Bambang Erman, Rabu (5/7).

 

Menurut dia, sebelum dimusnahkan sebagian barang tersebut telah melewati proses hukum yang telah ditetapkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Kalianda, Lampung Selatan.

 

"Untuk barang hewan olahan seperti nugget, daging ayam olahan serta sosis, sudah melalui proses hukum di PN Kalianda. Kemarin sempat di Praperadilankan oleh pihak distributor, namun tidak dikabulkan oleh PN Kalianda," lanjut Bambang.

 

Ia menambahkan, barang olahan hewan tersebut berjumlah sekitar 900 kilogram, 300 kilogram daging burung puyuh dan 1.300 kilogram daging kerbau import dari India dengan total seluruhnya sekitar 2.500 kilogram.

 

Sementara itu, Penanggung Jawab BKP Wilker Bakauheni, Azhar menjelaskan, pemusnahan barang sitaan tersebut juga dikarenakan sebagian barang yang berupa daging mentah tersebut sudah mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

 

"Kami musnahkan karena memang sudah menimbulkan bau dan memang sudah berair. Jadi memang cukup mengganggu lingkungan sekitar karena aroma busuknya itu," pungkas Azhar.

 

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dibakar di halaman Pos Karantina Pertanian Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, yang dipimpin oleh Kepala BKP Kelas I Bandar Lampung, Bambang Erman.

 

Turut hadir dalam pemusnahan tersebut Camat Bakauheni, Zaidan, Kasat Reskrim Polres Lamsel, AKP. Rizal Effendi, Penanggung Jawab BKP Wilker Bakauheni, Azhar serta beberapa Mahasiswa PKL dari Universitas Airlangga Surabaya. (bob/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos