Bawaslu Lampung Laksanakan Tes Tulis Calon Panwas

img
Ilustrasi/NET

Harianmomentum--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera menlaksanakan tes tertulis bagi calon panitia pengawas (Panwas) 10 Juli mendatang.

 

"Tes akan kita laksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Provinsi Lampung. Saat ini jumlah yang mendaftar Panwaslu di lima belas kabupaten/kota sudah melebihi target minimum," kata Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Kamis (6/7).

 

Menurut dia, 10 Juli mendatang, timsel akan gelar tes tertulis. Sampai saat ini para pendaftar sudah cukup dan memenuhi jumlah minimal pendaftar, karena setiap kabupaten minimal 12 orang, dan semua sudah memenuhi syarat. 

 

Tetapi, ia mengatakan, memang ada beberapa yang tidak lolos seleksi berkas.

 

Sekretaris Timsel wilayah dua Toni Wijaya juga menyampaikan bahwa sesuai dengan surat edaran (SE) Bawaslu RI terkait pembagian wilayah jadwal tes calon anggota Panwaskab, Lampung masuk wilayah satu yakni pada 10 Juli 2017.

 

"Pelaksanaan tes itu di UIN Raden Intan. Tapi kalau ruangan yang akan kita gunakan belum tahu pasti," kata Toni Wijaya.

 

Setiap pendaftar, lanjutnya, akan diperlakukan sama. Tetapi ada pertimbangan-pertimbangan yang akan di lakukan panitia kepada para pendaftar termasuk pengalamannya terdahulu.

 

"Kemarin memang ada beberapa berkas yang syaratnya kurang seperti umurnya kurang karna minimal umumkan 30 tahun, tetapi untuk secara umum mencukupi syarat-syaratnya," jelasnya.

 

Dosen Fisip Unila ini berharap peran aktif masyarakat untuk menyampaikan tanggapan terhadap para calon yang dinyatakan lulus verifikasi berkas. Hal ini penting agar Panwas yang lolos benar-benar terbaik dan memiliki integritas yang tinggi.

 

“Misalnya adanya dugaan calon anggota Panwaskab yang merupakan anggota partai atau ada permasalahan hukum. Kami pasti menindaklanjuti kebenarannya,” tegasnya.

 

Setelah tes tertulis, lanjutnya, nanti akan ada tes wawancara dan terakhir akan serahkan berkas ke Bawaslu.

 

"Memang ada beberapa mekanisme tahapan yang harus dilalui mulai dari pemberkasan, tes tertulis, wawancara yang semuanya akan menentukan seleksi tersebut," tandasnya.

 

Diketahui jumlah saat ini berkas yang yang masih dalam proses verifikasi rinciannya Kabupaten Lampung Barat 26 orang, Pesisir Barat 24 orang, Tanggamus 22 orang, Pringsewu 25 orang, Pesawaran 26, Banadar Lampung 64, Metro 19, Lampung Selatan 30, Lampung Tengah 17, Lampung Utara 43, Lampung Timur 27, Waykanan 40, Tulangbawang Barat 13 orang, Tulangbawang 23 orang dan Mesuji 14 orang dengan total pendaftar 393 orang. (acw)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos