Pendaftaran Biling SMP Diperpanjang

img
Ilustrasi Foto: NET

Harianmomentum--Wali Kota Bandarlampung Herman Hn mengatakan memperpanjang pendaftaran bina lingkungan (biling) untuk masuk sekolah menengah pertama (SMP), yang awalnya hanya dibuka dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2017 hingga sepekan ke depan.

 

"Kita akan perpanjang pendaftaran biling hingga seminggu ke depan, intinya sampai seluruh siswa kurang mampu bisa bersekolah," kata Wali Kota Bandarlampung, Herman HN di Bandarlampung, Kamis.

 

Dia mengatakan, untuk menampung siswa biling ini pemkot berencana membangun sekolah baru.

 

Pemkot berencana membangun sekolah baru, sehingga seluruh siswa kurang mampu yang memiliki niat untuk belajar bisa bersekolah. "Kita membuat sekolah baru sehingga siswa kurang mampu bisa ikut bersekolah dan saya telah memanggil kepala sekolah SMP," katanya.

 

Ia menjelaskan, kenapa pemkot harus membangun sekolah baru ialah kelas saat ini tidak bisa menampung seluruh siswa yang mendaftar dari jalur biling.

 

Dari peraturan Mendikbud disebutkan satu kelas hanya diperuntukkan untuk 32 orang selama ini bisa mengisi 40 orang.

 

Dari 34 sekolah, pendaftaran siswa biling sudah melebihi kapasitas sehingga pemkot pun kembali membangun sekolah.

 

"Tidak ada alasan untuk menolak siswa biling, karena membludak siswanya pemkot akan membangun sekolah," kata dia.

 

Ia menegaskan, kepada seluruh masyarakat agar tidak percaya dengan adanya informasi biling dihapuskan.

 

"Biling SMP masih terus berjalan, tapi kalau untuk SMA sekarang kan sudah wewenang dari provinsi," katanya.

 

Sementara itu, Jumlah calon siswa program bina lingkungan (Biling) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandarlampung melebihi kuota yang ditentukan sebesar 30 persen.

 

"Pendaftar sampai hari terakhir mencapai 183 orang, padahal kuota kita hanya 30 persen dari penerimaan siswa baru sebanyak 288," kata Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) SMP Negeri 9 Bandarlampung, Durza, kepada harianmomentum, Rabu (5/7).

 

Menurut dia, SMPN 9 akan menerima 288 murid baru pada tahun ajaran 2017/2018, sehingga jumlah tersebut sudah melebihi kapasitasnya.

 

Dia menjelaskan, karena jumlah pendaftar yang melebihi kuota, pihak sekolah akan melakukan seleksi. "Seleksi tersebut akan dilakukan berdasarkan jarak dari rumah ke sekolah dan kelayakan," katanya.

 

Nantinya, ia melanjutkan, pertama kita pilih yang terdekat dengan sekolah, kedua kita akan menilai dari kelayakannya atau dari kemampuan keluarganya calon siswa.

Dia menambahkan, untuk pengumuman penerimaan akan dilakukan pada 8 Juli mendatang. (ag)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos