Bappeda Lampura akan Gelar Forum OPD

img
Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Utara, Syahrizal. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) akan menggelar Forum Internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Forum tersebut merupakan bentuk kegiatan pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada 13 Maret mendatang.

 

Kepala Bappeda Lampura, Syahrizal mengatakan Forum OPD akan dilaksanakan besok, (Kamis 9/3) di Aula Tapis kantor  pemkab  setempat.

 

“Dalam forum itu, seluruh camat akan membahas berbagai usulan pembanguan yang masuk skala prioritas untuk dijadikan bahan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2018 mendatang," kata Syahrizal pada kontributor harianmomentum.com, Rabu (8/3).

 

Dalam forum itu juga, lanjut dia, akan dibahas program-program pembangunan di tingkat desa. Memilih dan memilah mana wewenang desa, kabupaten dan provinsi.

 

“Pada intinya semua program yang dilakukan oleh masing-masingnya OPD harus diarahkan pada kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi dan misi Bupati Lampura yang tertuang dalam winducita," terangnya.

 

Dia menambahkan, tahun ini untuk  program pembangunan fisik, Pemkab Lampura mengalokasikan dana sebesar Rp460 miliar. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah.

 

Terkait kerjasama pemerintah daerah dengan instansi vertikal, Syahrizal mengatakan, Bappeda Lampura telah melakukan proses pendampingan sensus sosial ekonomi nasional yang dilakukan oleh badan pusat statistik (BPS).

 

"Kita melakukan pendampingan sampai pendataan responden (sampel) dengan mengukur indikator-indikator ekonomi masyarakat secara mendetail.  Itu semua untuk melihat apakah masyarakat yang bersangkutan masih berada di bawah garis kemiskinan atau tidak," paparnya.

 

Dia menambahkan, selain dengan BPS, Bappeda bersama PLN juga telah  mendata masyarakat terkait besar kecilnya KWH listrik  masing-masing pelanggan.

 

"Nanti akan ada penghapusan subsidi listrik berdaya 900 ke atas. Karena itu perlu kita dampingi terutama pelanggan dengan daya listrik 450 watt," ungkapnya. (red)






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos