Di Metro, Mayoritas Pencari Kerja Memilih ke Luar Lampung

img
Illustrasi: Foto: Google.

Harianmomentum--Hingga bulan Juni 2017, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro mencatat,  ada 212 orang warga pencari kerja. Dari jumlah tersebut, mayoritas memilih mencari pekerjaan ke luar Provinsi Lampung.

 

Kepala Disnakertrans Kota Metro Rahkmat Zainudin mengatakan warga pencari kerja tersebut, kebanyakan memilih sektor industri. 

 

“Dari jumlah 212 pencari kerja yang berhasil kita data itu, 140 diantaranya masuk kategori usia produktif, antara 20 hingga 29 tahun,“ kata Rahkmat, Kamis (13/7).

 

"Rata-rata para pencari kerja itu memang kategori usia produkti yang baru lulus sekolah menengah atas,” terangnya.

 

Dia mengungkap, berdasarkan data Disnakertrasn jumlah total pekerja di Kota Metro saat ini mencapai  5.132 orang.  Mereka berkerja pada 430 perusahaan di kota setempat.

 

Kategori perusahaan di Kota Metro terbagi tiga: Perusahaan besar dengan jumlah karyawan di atas 100 orang, perusahaan sedang dengan jumlah karyawan 25 hingga 100 orang dan perusahaan kecil yang jumlah karyawannya di bawah 25 orang.

 

"Perusahaan di Kota Metro ini bergerak di berbagai bidang usaha, seperti: sektor jasa pelayanan kesehatan, perbengkelan, perdagangan, pembiayaan dan lain-lain. Termasuk pertokoan, itu masuk kategori perusahaan kecil," ungkapnya.

 

Dalam waktu dekat, tambah Rakhmat, Disnakertrans akan menggelar program bursa kerja yang melibatkan dari 25 perusahaan di Provinsi Lampung. Program tersebut bertujuan memberikan peluang kerja bagi warga Kota Metro yang belum memiliki pekerjaan tetap.

 

"Sekitar bulan September nanti kita adakan bursa kerja melibatkan 25 perusahaan dari berbagai bidang usaha," jelasnya. (sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos