Sutono Buka Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

img
Sekdaprov Lampung, Sutono (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Sekretaris UtamaPerpustakaan Nasional, DediJunaedi di sela pembukaan SGNGM. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berkomitmen mendukung program Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca (SGNGM)  yang diluncurkan pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Sutono saat membuka SGNGM di Ruang Abung, kompelak kantor pemprov setempat, Senin (13/3).  

Sutono mengatakan, SGNGM bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat. Menurut dia, membaca merupakn kunci utama membuka cakrawala dunia. Karena itu, negara yang tingkat gemar membacanya tinggi, cenderung memiliki peradaban yang lebih maju.

"Minat baca merupakan modal meningkatkan kapasitas diri, agar mampu bersaing di era globalisasi. Masyarakat Lampung perlu lebih membiasakan diri membaca buku setidaknya selama 15 menit setiap hari. Saya juga mengajak Masyarakat Lampung untuk mengunjungi perpustakaan atau pun ke toko buku minimal sebulan sekali. Dengan begitu  minat baca masyarakat akan meningkat,“  terangnya.

Sutono juga mengimbau, pemerintah kabupaten/kota terus menggelorakan semangat membaca, agar Indeks Kegemaran Membaca masyarakat di daerah masing-masing  semakin meningkat.

Hal senada disampaikan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional,  DediJunaedi. Menurut dia, jika tingkat gemar membaca semakin tinggi, akan membantu mempermudah mencapai cita-cita memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Saat ini, lanjut dia, semakin banyak gerakan dan program yang dilakukan pemerintah dan masyarakat di berbagai daerah untuk meningkatkan minat baca, seperti murda pustaka, angkot pustaka dan perahu pustaka. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Lampung, Herlina Warganegara menerangkan, peningkatan minat baca masyarakat akan menjadi sebuah referensi untuk bersaing di era globalisasi. 

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan mobil perpustakaan keliling tahun 2016 dari Sekretaris Utama Perpustakan Nasional  kepada Gubernur Lampung yang diwakili Sekrdaprov, Sutono.(rls)

 






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos