Gugat Perppu Ormas, Alumni 212 ke MK Setelah Salat Jumat

img
Aksi 212 di Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: Net

Harianmomentum--Puluhan orang perwakilan dari tiap organisasi masyarakat akan bertemu dengan pihak Mahkamah Konstitusi (MK) pada aksi 287 yang diprakarsai oleh Alumni 212, Jumat (28/7) setelah salat Jumat.

Mereka akan bertemu perwakilan MK di Gedung MK untuk mengajukan permohonan uji formil dan uji materii alias Judicial Review (JR) terhadap Perppu Ormas.

"Perwakilan Ormas secara simbolis akan mengajukan JR PERPPU Ormas didampingi dan atau diwakili tim advokasi, untuk bertemu perwakilan MK," kata Kapitra Ampera, salah satu anggota tim kuasa hukum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia melalui pesan singkat elektronik, Jumat pagi.

Kapitra mengaku, merupakan salah satu dari puluhan orang yang akan bertemu perwakilan MK dalam aksi 287 yang rencananya digelar usai ibadah salat Jumat.

Selain dirinya, beberapa perwakilan yang juga akan ikut bertemu dengan perwakilan MK dalam aksi ini adalah, Nasrullah Nasution, Rangga Lukita Desnata, Denny Azani B. Latief, Ismar Syarifuddin dan masih banyak lagi mencapai 20 orang lebih.

Sebelumnya diberitakan, Alumni 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) beserta seluruh ormas yang ada di Indonesia berencana melakukan aksi pada 28 Juli 2017 atau disebut aksi 287.

Salah satu anggota tim kuasa hukum GNPF-MUI Kapitra Ampera, membenarkan terkait akan adanya aksi ini. Menurut Kapitra, aksi ini bertujuan untuk menyuarakan pembatalan Perppu Ormas yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Aksi tersebut dilakukan pada Jumat dan dimulai dari Masjid Istiqlal. Aksi 287 ini, diikuti oleh sejumlah ormas yang ada di Indonesia. Karena, menurut Kapitra, terbitnya Perppu Ormas itu tidak tepat dilakukan.

"Aksi itu dilatarbelakangi oleh penerbitan Perppu Ormas. Selain itu karena pembubaran HTI," kata Kapitra saat dikonfirmasi, Minggu lalu (23/7). (zul/rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos