Empat Mahasiswa Unila Siap Ikut PIMNAS

img
Mahasiswa Unila yang akan mengikuti ajang PIMNAS XXX di Makasar.Foto:Agung Dharma Wijaya.

Harianmomentum--Empat mahasiswa Universitas Lampung (Unila) mengaku siap mengikuti Perlombaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar 23--28 Agustus mendatang.

 

Dani Windarto salah satu mahasiswa dari Jurusan Bimbingan Konseling mengaku, timnya sudah melakukan persiapan sejak 2016 lalu.

 

“Alhamdulillah sekarang penelitian kita yang berjudul 'Pendekatan Ilmiah Saintific Approach Untuk Membantu Memecahkan Masalah Anak Usia Dini' telah lolos seleksi dan akan didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), untuk mengikuti PIMNAS di UMI Makasar,” ucap Dani, Minggu (13/8).

 

Dia menjelaskan, penelitian tersebut dilatarbelakangi kurangnya pendidikan terhadap anak usia dini, yang mengajarkan kepada anak cara mengatasi masalah.

 

“Sehingga kita memutuskan untuk melakukan penelitian tersebut, untuk memberikan solusi konkret melalui pembelajaran yang induktif,” tuturnya.

 

Ia mengatakan, objek penelitian adalah di TK Al-Kautsar Bandarlampung, dengan sasaran anak-anak yang berusia 5 sampai 6 tahun.

 

“Kita sudah melakukan penelitian di TK Al-Kautsar dari Maret sampai April lalu, dan dengan menggunakan metode purpose sampling,” tuturnya.

 

Dengan penelitian tersebut, ia mengharapkan, anak-anak bisa memanfaat kelima panca inderanya untuk memecahkan masalah.

 

“Kita harap bisa memberikan solusi konkret lewat pembelajaran induktif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini,” harapnya.

 

Selain itu, ia menyarankan, seharusnya anak usia dini bukan hanya difokuskan untuk belajar menghitung, membaca dan menulis saja.

 

“Tetapi juga harus dipelajaran cara memecahkan suatu masalah, karena pendidikan yang baik harus menekankan pada pengembangan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak,” tuturnya.

 

Ia menjelaskan, atas dasar itulah timnya memutuskan untuk melakukan penilitian dengan memberikan judul 'Pendekatan Ilmiah Saintific Approach Untuk Membantu Memecahkan Masalah Anak Usia Dini'.

 

Selain Dani, tiga orang lainnya yang akan mengikuti PIMNAS yakni, Chintia Eka Putri PG-PAUD Angkatan 2013, Desi Rahmawati PG-PAUD Angkatan 2013, dan Linda Novitasari Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014.(adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos