Prosesi Anjauan Awali Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 53 Lampung

img
Gubernur M Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Bachtiar Basri bersama para tokoh adat Lampung menuju gedung DPRD setempat. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum--Prosesi adat Lampung Anjauan (kunjungan) mengawali rangkaian acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lampung, Senin 20 Maret 2017. 

 

Rapat paripurna tersebut menggendakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 53 Provinsi Lampung—Pada18 Maret 1964 Keresidenan Lampung resmi terbentuk sebagai Daerah Swatantra Tingkat I atau provinsi.

 

Prosesi Anjauan diawali dengan kedatangan rombongan Gubernur M Ridho Ficardo didampingi  para Tokoh Adat Lampung dan jajaran pemerintah provinsi (pemprov) setempat. 

 

Rombongan yang mengenakan pakaian adat itu, bergerak dari depan kantor pemprov menuju gedung DPRD.   

 

Sesampainya di depan gedung DPRD, rombongan gubernur disambut unsur pimpinan dan anggota legislatif setempat. Kemudian dilanjutkan prosesi tanya jawab dari pihak tuan rumah (DPRD) ke pihak tamu (rombongan gubernur).


           

Prosesi tanya menggunakan kata-kata bijak dan pantun berbahasa Lampung itu, dipandu seorang juru bicara yang dalam istilah adat setempat disebut Baso.

 

Selanjutnya guberunur dan rombongan didampingi Ketua DPRD Dedi Afrzal memasuki ruangan rapat DPRD setempat.

  

Pada rapat paripurna istimewa itu, Gubernur M.Ridho Ficardo mengatakan peringatgan HUT tersebut merupakan momentum kilas balik jejak perjalanan sejarah terbentuknya Provinsi Lampung, sekaligus sarana evaluasi pelaksanaan pembangunan yang telah dilakukan selama 53 tahun.

 

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak seluruh komponen untuk menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun Lampung ke-53 sebagai sarana introspeksi dan evaluasi, tentang apa yang telah dilakukan untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,“ kata gubernur.

 

Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan seluruh elemen yang telah berkerja keras memberikan konstribusi positif untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Lampung.

 

“Tidak lupa ucapan terimakasih serta apresiasi kita berikan kepada para tokoh  perintis dan pendiri Provinsi Lampung,“ ungkapnya.

 

Ketua DPRD Dedi Afrizal dalam sambutannya mengatakan sejak terbentuk 53 tahun lalu, banyak kemajuan yang telah dicapai masyarakat dan Pemerintah Provinsi Lampung pada berbagai bidang pembangunan.


 

Meski demikian, lanjut dia, masih banyak pula yang perlu dibenahi dan ditingkatkan dalam proses pelaksanaan pembangunan. Karena itu, dia mengajak seluruh elemen menjadikan peringatan HUT Lampung ke 53 sebagai titik tolak peningkatan persatuan dan koordinasi untuk mencapai cita-cita sukses pembangunan.

 

Rapat Paripurna HUT Lampung ke 53 ditutup dengan prosesi pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua DPRD  Dedi Afrizal. Potongan tumpeng itu, selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo.(adv)






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos