Ini yang Dilakukan Yusuf Kohar Jika Jadi Plt. Wali Kota Bandarlampung

img
Yusuf Kohar. Foto: Net

Harianmomentum.com--Wakil Wali Kota Bandarlampung, M. Yusuf Kohar siap menjadi Plt walikota menggantikan Herman HN yang cuti dikarenakan mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018.

 

Yusuf mengatakan, saat masa kampanye dimulai Herman akan cuti selama lima bulan dari jabatannya sebagai Wali Kota Bandarlampung.

 

“Sesuai peraturannya, kalau kepala daerah maju dalam Pilgub harus mengajukan cuti selama masa kampanye,” ujar Yusuf saat ditemui di Begadang Resto Bandarlampung, Rabu (11/9).

 

Dia menjelaskan, saat kepala daerah cuti, maka dengan sendirinya yang menjadi pelaksana tugas adalah wakil.

 

“Karena ini ada wakil, maka saya yang akan menjadi plt. Kecuali kalau tidak ada wakilnya, maka akan dicarikan plt dari pejabat provinsi,” tuturnya.

 

Dia menambahkan, untuk menjadi plt Walikota, Yusuf tidak mempunyai persiapan khusus.

 

Dia melanjutkan, selama menjadi plt, dia hanya akan menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Walikota Herman HN.

 

“Tidak ada persiapan, apalagi semua kebijakan dan perencanaan 2017 sudah selesai dibahas, tinggal menjalankan saja,” ucapnya.

 

Kendati demikian, dia menegaskan, selama menjadi plt walikota, dia tidak segan-segan untuk memberikan sanksi terhadap pegawai yang memihak salah satu calon gubernur.

 

Dia menuturkan, seorang pegawai negeri sipil harus bersikap netral dan tidak diperbolehkan untuk ikut berpolitik.

 

“Kalau sampai ada pns yang diketahui memihak salah satu calon, bahkan sampai ikut berkampanye, maka saya sendiri yang akan menindaknya,” tegas Yusuf.

 

Dia menjelaskan, pemerintah itu harus membangun politik di masyarakat, bukan memihak salah satu calon.

 

Meski begitu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnnya dengan tepat sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

 

“Masyarakat jangan salah pilih, karena suara yang kita berikan, akan menentukan nasib lima tahun kedepan,” imbaunya. (adw)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos