Mapala Umitra Ajak Mahasiswa Kenali Satwa

img
Sejumlah mahasiswa melihat satwa-satwa yang dipamerkan pada Pameran Satwa di Kampus Umitra Lampung.Foto:Agung Chandra Widi.

Harianmomentum.com--Serius dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Umitra Lampung mengajak mahasiswa untuk mengenali hewan langka yang dilindungi pemerintah dalam pameran satwa.

 

Kegiatan itu dilaksanakan usai seminar lingkungan hidup yang bertajuk "Bersama Mengenal Konservasi Alam", di Kampus Umitra Lampung, Kamis (19/10).

 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung Teguh Ismail mengatakan, hewan-hewan yang dilindungi sebenarnya tidak boleh untuk dipelihara secara pribadi.

 

"Kalau untuk binatang yang tidak dilindungi tidak apa-apa dipelihara," kata Teguh, usai membuka pameran satwa di kampus Umitra Lampung. Walaupun boleh dipelihara, satwa tersebut harus diperhatikan kesehatannya.

 

"Hewa peliharaan juga punya hak-hak. Jadi, makanannya harus diperhatikan, kandangnya juga gak boleh sembarangan," jelasnya.

 

Dengan adanya acara seperti ini, Teguh berharap, ke depan mahasiswa maupun masyarakat bisa lebih cinta terhadap hewan dan tidak melakukan pelanggaran berupa pemeliharaan apalagi jual beli satwa langka.

 

"Satwa langka itu harus dilestarikan, kalaupun mau memelihara harus diurus surat menyuratnya," terangnya.

 

Wakil Ketua III STIKES Umitra Affan Zaldi Erya menuturkan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena dapat lebih menambah wawasan sehingga masyarakat lebih sayang terhadap alam termasuk hewan di dalamnya.

 

"Semoga ke depan Mapala bisa terus mengadakan kegiatan yang lebih besar lagi. Yang jelas saya sangat support terhadap kegiatan-kegiatan para Mahasiswa," katanya.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos