Menghadapi Pilkada 2018, Menteri Bappenas Ingatkan Bappeda Rancang Penanggulangan Kemiskinan

img
Foto: ilustrasi Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro./Net.
Harianmomentum--Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia Bambang Brodjonegoro memberikan pengarahan kepada Jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Lampung dan Kepala Bappeda seluruh Kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

Dalam arahannya Menteri Bappenas memberikan masukan apa yang sebaiknya disiapkan Bappeda se Lampung untuk mengantisipasi Pilkada serentak 2018.

"Dengan adanya kepala daerah yang baru berarti harus ada rencana lima tahun ke depan yang baru. Jadi saya memberikan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam konteks lima tahun mendatang," ungkap Bambang usai dengan Jajaran Pemerintahan Provinsi Lampung dan Kepala Bappeda seluruh Kab/kota se Provinsi Lampung di Swiss-Belhotel, Jumat (20/10).

Bambang mengatakan, nantinya harus ada prioritas baik pada sektor unggulan maupun belanja pemerintah daerah. Perencanaan tersebut harus dibuat secara rinci per tahunnya.

Prioritas tersebut, kata Bambang, ditekankan pada bagaimana mengurangi kemiskinan, mengurangi ketimpangan, maupun mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Lampung.

"Saya dorong harus ada kebijakan dalam jangka pendek untuk mengurangi ketimpangan tersebut," kata dia.

Untuk itu, dia meminta Pemda untuk fokus pada penanggulangan kemiskinan di 40 persen masyarakat yang berpendapatan rendah dengan mendorong program kemitraan antara pengusaha menengah, besar dengan UKM maupun petani.(ira)





Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos