UIN RIL Siapkan 6000 Kursi Sarjana Tahun Akademik 2023/2024

img
ilustrasi tahun ajaran baru.

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menyediakan kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 6 ribu kursi di tahun akademik 2023/2024.

Jumlah tersebut akan terbagi menjadi enam skema seleksi penerimaan yaitu jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kemendikbudristekdikti yang terbagi tiga skema, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan skema Mandiri.

Kemudian, Jalur SPAN-UM PTKIN Kemenag yang juga terbagi menjadi tiga skema yaitu SPAN-PTKIN, UM PTKIN dan UM Mandiri.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD, mengatakan bahwa jumlah tersebut sesuai dengan daya tampung yang dimiliki saat ini.

“Untuk tahun ini daya tampung kami sebanyak 6000 orang, Insya Allah untuk tahun-tahun yang akan datang akan ada penambahan sesuai dengan adanya gedung-gedung kuliah yang baru,” jelasnya.

Rektor berharap dengan penambahan kuota mahasiswa baru nantinya akan dapat meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Lampung yang tahun ini baru mencapai 21,48 persen (data BPS).

Selain itu Prof Wan juga bersyukur karena tahun ini UIN Raden Intan Lampung sudah bisa menerima mahasiswa baru melalui jalur SNPMB Kemendikbudristekdikti.

“Alhamdulillah tahun ini kita (UIN Raden Intan Lampung) sudah bisa menerima mahasiswa baru melalui jalur SNPMB Kemendikbudristekdikti untuk dua prodi umum, yaitu Prodi Sistem Informasi dan Prodi Biologi” ungkapnya.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Lampung, Prof Alamsyah MAg menambahkan, untuk tahun ini kuota yang akan diterima dari jalur SNPMB hanya sebanyak 60 orang untuk 2 program studi, sedangkan untuk jalur SPAN-UMPTKIN sebanyak 5940 orang untuk 32 program studi yang ada di UIN RIL.

Prof Alam juga mengatakan bahwa jalur pertama yang akan dibuka adalah jalur SNBP yang sudah dimulai dengan pengisian PDSS sejak 9 Januari sampai dengan 9 Februari 2023.

Sedangkan, untuk jalur SPAN dan UM-PTKIN akan digelar secara serentak oleh seluruh PTKIN melalui panitia pusat. SPAN-PTKIN dimulai dengan tahapan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan verifikasi PDSS pada 20 Januari – 13 Februari 2023. Tahap berikutnya yaitu pendaftaran siswa 20 Februari – 10 Maret 2023 serta pengumuman hasil seleksi tanggal 3 April 2023.

Untuk Informasi lebih lanjut terkait penerimaan mahasiswa baru ini dapat mengakses laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, http://span-ptkin.ac.id, http://um-ptkin.ac.id/, dan https://radenintan.ac.id/ pungkasnya. (**)

Adapun jadwal lengkapnya sebagai berikut:

1. Pengisian PDSS oleh sekolah tanggal 9 Januari 2023- 9 Februari 2023

2. Pembuatan Akun SNPMB tanggal 16 Januari 2023- 15 Februari 2023

3 Pendaftaran SNBP tanggal 14-28 Februari 2023

4. Pengumuman Hasil SNBP tanggal 28 Maret 2023

5. Registrasi Ulang tanggal 29 Maret 2023 – 6 April 2023.






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos