Pentas di Qatar, Seni Budaya dan Angklung Tampil Memukau

img
Foto: RMOL

Harianmomentum.com-- Pentas seni budaya dan angklung memukau acara Indonesia Night.


Acara yang berupa gala dinner merupakan ungkapan syukur atas keberhasilan Kunjungan Kenegaraan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamd Al Thani ke Indonesia pada 17-18 Oktober yang digelar di Shangri La Hotel, Doha pada Minggu (5/11).


Acara kesenian itu dibalut dengan pertemuan usaha antara pelaku usaha Indonesia dengan komunitas bisnis di Qatar guna menindaklanjuti hasil kunjungan Emir Qatar.  


Ratusan tamu terdiri atas para duta besar negara sahabat dan kalangan diplomatik, pelaku usaha Indonesia dan Qatar, agen perjalanan, ekpatriat, komunitas diaspora hadir pada Indonesia Night yang pertama kali digelar di Qatar. Kegiatan berupa pentas seni budaya yang dipadukan dengan  promosi pariwisata, ekonomi dan investasi.

Duta Besar RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi menyampaikan apresiasi kepada para undangan dan disampaikan pula hasil kunjungan Emir Qatar yang menandatangani lima perjanjian kerja sama mengenai pembentukan komite bersama, bidang penerbangan, kepemudaan dan olah raga, pendidikan, dan kesehatan.       

Basri juga menyampaikan penandatanganan investasi Qatar untuk pembangunan pembangkit listrik di Sumatera Utara senilai USD 1 miliar. Dia juga memaparkan kesepakatan di bidang pelabuhan laut antara Qatar Ports Management Company 'Mwani Qatar' dengan PT Pelindo II dan PT Pelindo I, serta kerja sama Kadin kedua negara.

Pentas seni dan budaya diawali dengan tari Tidi Lo Palopalo, tarian Gorontalo yang merupakan tarian pergaulan. Tari ini guna mencerminkan sikap kehangatan tuan rumah yang menyambut tamu dengan ramah, bahagia dan tulus. Dilanjutkan medley tarian Tiga Dara dan Tari Lenggang Nyai tarian khas Betawi yang penuh gerakan ritmis dinamis dengan iringan musik riuh dan gerakan menghentak dan memukau membuat penonton seakan terhipnotis dengan penampilan tarian tradisional dari Indonesia ini. Gerakan yang memukau membuat penonton seakan terhipnotis dengan penampilan tarian tradisional ini.

Tarian dibawakan putera-puteri komunitas Diaspora Indonesia dari Puspa Qinarya yang kerap memenangi festival seni dan budaya internasional di Qatar. Alunan angklung dari Qatar Indonesia Angklungers (QIA) dengan baju tradisional menambah kemeriahan. QIA memulai dengan membawakan lagu Tanah Airku dilanjutkan dengan Dont Worry Be Happy, dan diakhiri dengan Somewhere Over The Rainbow. Pengunjung sangat antusias mendengarkan suara merdu angklung yang spontan memberikan tepuk tangan.

Para undangan mengagumi sajian kuliner yang beragam dari berbagai daerah antara lain. Berbagai macam sate, rendang, soto ayam, gado-gado, nasi goreng, kerupuk, asinan, sop kimlo, sambal udang dan kue-kue tradisional Indonesia lainnya.  

"Delicious," kata Lily Howard, istri pelaku usaha asal Inggris mengenai kuliner Indonesia Night. 

"Amazing," ujar Emi Xaviar, warga Prancis keturunan Indonesia terkait acara yang digelar.  

Minister Counsellor KBRI Doha Boy Dharmawan menambahkan, pagelaran tidak hanya untuk mempromosikan seni budaya juga promosi pariwisata guna menarik kalangan diplomatik, pelaku usaha, warga Qatar dan ekpatriat asing berkunjung ke Indonesia. Acara juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan mengenai pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) periode 2019-2020. (rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos