Bandara Radin Inten II Dijual ke Swasta? Ini Penjelasan Kepala Bandara

img
Kepala Bandara Radin Inten II Asep Kosasih Samapta. Foto: Ira Widya

Harianmomentum.com--Beredarnya screenshoot tayangan sebuah stasiun televisi swasta yang memuat Bandara Radin Inten II Lampung, dalam daftar aset infrastruktur yang dilepas ke swasta beberapa waktu lalu, mendapat tanggapan.

 

Kepala Bandara Radin Inten II Asep Kosasih Samapta membantah hal tersebut. Bandara yang terpilih jadi percontohan nasional itu dikelola dengan sistem Badan Layanan Umum (BLU).

 

Dalam tayangan itu, selain Bandara Radin Inten II, tercantum Bandara Komodo Labuan Bajo, Bandara Sentani Jayapura, Bandara Juwata Tarakan, dan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu.

 

"Rasanya nggak begitu skemanya. Sampai dengan rapat-rapat kemarin kita masih memilih skema BLU dengan skema kerjasama operasional," kata Asep Kosasih, di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra, Rabu (8/11).

 

Asep mengaku tidak tahu dari mana data itu muncul. Pihaknya tetap mengacu pada Surat Keputusan Menteri Keuangan No.63/KMK.05/2017 tanggal 3 Februari 2017 yang menyebutkan Bandara Radin Inten II dikelola BLU dan tidak akan diswastakan.

 

Menurut Asep, pihaknya kini fokus meningkatkan sistem keamanan bandara terkait persiapan menuju bandara internasional.

 

Dia mengatakan, belum ada informasi dari Kementerian Perhubungan tentang wacana menswastakan Bandara Radin Inten II.

 

"Kami fokus meningkatkan status internasional sesuai kesepakatan dengan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo," kata Asep. (ira)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos