10 November, PT KAI Gratiskan Veteran Naik Kereta

img
Humas Divre IV Tanjungkarang Franoto Wibowo. Foto: Agung Chandra Widi

Harianmomentum.com-Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero memberikan penghargaan kepada para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) berupa tarif kereta api (KA) reduksi (diskon) 100%. 

Para anggota LVRI dapat menggunakan kereta api secara cuma-cuma khusus keberangkatan kereta di hari Jumat 10 November 2017 mulai pukul 00.01 WIB untuk KA jarak jauh maupun jarak menengah, baik kereta api bersubsidi (PSO/public service obligation) maupun kereta api komersial dengan jumlah total sebanyak 192 perjalanan KA di seluruh Jawa dan Sumatera.

"Untuk Divre IV Tanjungkarang sendiri di berlakukan pada KA Sriwijaya dan KA Rajabasa rute Tanjungkarang-Kertapati (Palembang)," kata Humas Divre IV Tanjungkarang Franoto Wibowo, di kantornya, Kamis (9/11).


Pelayanan spesial tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemesanan di seluruh stasiun pelayanan pembelian tiket dengan memberikan fotokopi kartu anggota LVRI yang bersangkutan.

"Di luar tanggal 10 November, KAI tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI," ujarnya. 

Selama ini, lanjut dia, untuk para anggota LVRI, diterapkan reduksi sebesar 50% pada hari Selasa sampai Kamis kecuali hari besar atau hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

"Kemudian, kita berikan reduksi 30% pada hari Jumat sampai Senin dan hari besar atau hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan," jelasnya.

Bagi anggota LVRI yang terlanjur membeli tiket kereta api jarak jauh dan jarak menengah, baik kereta api bersubsidi seperti KA Rajabasa rute Tanjungkarang-Kertapati maupun kereta api komersial yakni KA Sriwijaya rute Tanjungkarang-Kertapati untuk keberangkatan tanggal 10 November 2017, dapat mengambil pengembalian biaya 100% di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan.

"Hal itu dapat dilakukan cukup dengan menyerahkan tiket atau boarding pass di loket stasiun sampai dengan tiga hari setelah jadwal kedatangan KA penumpang yang bersangkutan. Sebagai catatan, tiket tersebut dapat dibatalkan namun tidak dapat diubah jadwal (reschedule) dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya," terangnya.

Franoto menambahkan, pada saat proses boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli.

“Pemberlakuan tiket gratis di hari Pahlawan tersebut sebagai bentuk apresiasi KAI kepada para veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan RI,” pungkasnya. (acw)

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos