Gempa di Perbatasan Iran-Irak Tewaskan 400 Orang

img
Foto: Net

Harianmomentum.com-- Sebuah upaya penyelamatan besar-besaran dilakukan setelah gempa kuat melanda perbatasan pegunungan anatara Iran dan Irak awal pekan ini.

 

Sejauh ini tercatat telah ada lebih dari 400 orang tewas dan lebih dari tujuh ribu lainnya luka-luka. Di sisi Iran, ada 413 orang tewas dan di Irak ada sembilan orang tewas.

Tim penyelamat masih berupaya mencari korban yang terjebak di reruntuhan bangunan yang roboh.Kebanyakan orang yang tewas berada di Iran barat di Sarpol-e-Zahab, sebuah kota yang terletak 15 km dari perbatasan, dan bagian lain dari provinsi Kermanshah.

Gempa tersebut merupakan yang paling mematikan di dunia tahun ini. Akibat gempa, rumah sakit utama kota itu rusak parah. Hal itu memperumit situsi di lokasi karena menghambat penanganan korban luka.

Selain itu, ribuan bangunan rumah dan aliran air serta listrik juga terputus di kota tersebut. Bencana susulan juga terjadi seperti tanah longsor yang semakin memperburuk keadaan di lokasi. 

Pasca gempa, sekitar 70 ribu orang membutuhkan tempat berlindung serta pakaian dan makanan. Demikian seperti dimuat BBC. 
(rmol)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos