PT CPI Feedmill Luncurkan Program Bedah Kandang

img
PT CPI Feedmill Luncurkan Program Bedah Kandang. Foto Ira Widya

Harianmomentum.com--Guna meningkatkan performance pemeliharaan oleh peternak, PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Feedmill selaku  perusahaan penghasil pakan ternak Day Old Chicks dan makanan olahan terbesar di Indonesia menyelenggarakan Program Bedah Kandang.

 

GM Marketing PT CPI Feedmill Lampung Bambang Sutrisno mengatakan, program Bedah Kandang ialah program yang diinisiasi oleh Lambaga Karya Pokphand - PT. Charoen Pokphand Indonesia. Program ini sudah dimulai pada pertengahan tahun 2016 lalu di Jawa Barat dan Jakarta, selanjutnya ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Lampung.

 

"Program Bedah Kandang ini merupakan program perbaikan kandang dengan memberikan bantuan atau memperlengkapi peralatan kandang sesuai dengan standart pemeliharaan," ungkap Bambang saat Launching Bedah Kandang di Hotel Aston, Selasa (28/11).

 

Bambang menjelaskan, dengan motto 'Merubah Kandang Sedehana Menjadi Lebih Optimal', dilakukan perubahan kandang broiler, pejantan, layer, dan pullet.

 

Adapun peralatan yang diberikan untuk ayam broiler, pejantan, dan pullet antara lain tempat pakan baby chick feeder, tempat pakan gantung (10 Kg), tempat minum otomatis (PS Mark/plasong), terpal untuk tirai, dan gasolek beserta rantainya. Sedangkan untuk ayam layer antara lain battery kawat, tempat pakan PVC, tempat minum PVC, niplle dan C ring.

 

Dikatakannya, semua peralatan yang diberikan kepada para peternak merupakan produksi PT. CPI Poultry Equipment Balaraja, yang merupakan produsen peralatan peternakan yang berkualitas.

Selanjutnya Bambang menuturkan, selain pemberian bantuan berupa peralatan, melalui Program Bedah Kandang ini juga diberikan pendampingan oleh para Technical Service and Representative (TSR) dan Petugas Penyuluh Lapangan PPL yang telah berpengalaman dan handal melalui kunjungan yang dilakukan secara rutin.

 

"Dengan pendampingan tersebut sebagai tempat konsultasi, peternak bisa mendapatkan arahan dan masukan jika para peternak mengalami permasalahan atau kesulitan dalam pemeliharaan," kata Bambang.

 

Program Bedah Kandang di Lampung, kata Bambang, dimulai pada September 2017 yang terbagi menjadi tahap 1 sebanyak 15 peternak, dan tahap 2 sebanyak 43 peternak. Kemudian untuk kandang broiler dan penjantan sebanyak 9 peternak, kandang layer dan pullet sebanyak 49 peternak dan juga melibatkan 14 mitra usaha (agen).

 

Adapun area penyebaran peternak tersebut ialah di 7 kota/kabupaten meliputi kab. Lampung Selatan, Lampung Timur, Metro, Lampung Tengah, Pesawaran, Pringsewu, dan Tanggamus.

 

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, dengan program Bedah Kandang ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan performance pemeliharaan, sehingga lebih efisien dalam pemeliharaan dan berdaya saing. Sehingga peternak semakin siap dalam menghadapi era keterbukaan dan persaingan usaha yang semakin kompetitif.

 

"Selain itu dengan program Bedah Kandang ini PT. CPI Feedmill Lampung turut berpartisipasi program pemerintah daerah Propinsi Lampung menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak khususnya ternak unggas dan sekaligus menyediakan pasokan produk unggas  berupa daging dan telur dengan kualitas prima dan harga terjangkau sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk protein hewani yang bergizi tinggi, murah dan mudah," pungkasnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos